Ketua Panitia, Rendiyan Nur Kayissi, menyerahkan hadiah ayam kepada peserta gerak jalan sehat massal yang memenangi undian doorpirze.(Dok.Tarmin)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Gerak jalan sehat massal digelar di Lingkungan Kruyo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, Minggu (21/8), tergolong unik. Panitia menyediakan ratusan hadiah hadir (doorprize), diantaranya berupa ayam dan aneka bibit tanaman buah-buahan.

Harapannya, hadiah ayam dapat dipelihara agar ‘babar temangkar’ (berkembang banyak). Sedangkan bibit tanaman buah-buahan, yang termasuk pohon produktif, kelak akan memberikan panenan buah dalam tempo lama.

Ketua Panitia Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77, Rendiyan Nur Kayissi, mengatakan, selain jalan sehat massal, juga digelar berbagai jenis perlombaan ketangkasan tradisional. Seperti lomba makan kerupuk, pecah balon, memasukkan paku ke dalam botol, lari estafet pakai sarung, dan estafet membawa serta tepung.

Pemberian hadiah aneka bibit tanaman buah, bertujuan untuk memberikan edukasi. Utamanya kepada anak muda. Bahwa untuk ikut serta membangun bangsa, tidak harus menunggu bantuan pemerintah. Lakukan dan berikan apa yang kamu bisa, pada negara agar bangsa kita menjadi maju.

Ketahanan Pangan

Salah satunya, dengan pemanfaatan lahan di sekitar rumah, untuk budidaya aneka tanaman dan buah-buahan, sebagai salah satu langkah menjaga ketahanan pangan. ”Juga untuk membantu kemandirian ekonomi keluarga,” kata Tarmin, pemilik kebun bibit Griya Amanah Jatipurno.

Gerak jalan sehat massal melintasi jalan poros Lingkungan Kuryo, diikuti oleh warga Lingkungan Kuryo RT 03/RW 01, Kelurahan Jatipurno, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri. Warga tampak ceria dan gembira.

”Saya senang dengan adanya berbagai lomba ini. Walau sederhana, tapi berlangsung semarak,” kata Oky Setiawan sambil menenteng seekor ayam hadiah yang dimenanginya.

Bambang Pur