blank
KORBAN - Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi korban dalam keadaan meninggal. (Foto: Istimewa)

PATI (SUARABARU.ID) – Bambang Winarno (56) warga Desa Tegalombo RT 07 RW 02 Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah hilang sejak Selasa (16/08/22) lalu. Tiga hari kemudian, tepatnya Jumat (19/08/2022) dinihari pukul 00.30 WIB korban berhasil ditemukan dan dievakuasi dari dalam sumur dalam keadaan meninggal dunia.

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto dalam rilis yang diterima redaksi, Jumat (19/08/2022) sore menceritakan kronologi kejadian. Menurutnya, Bambang tidak diketahui keberadaannya sejak Selasa pagi, keluarga sudah mencari-cari tidak juga ketemu hingga akhirnya pada Kamis menjelang malam korban ditemukan berada didalam sumur

Tidak ada yang tahu kapan jatuh ke dalam sumur. Diketahui korban mengalami gangguan jiwa dan diduga sengaja mengakhiri hidupnya masuk kedalam sumur.

Dengan informasi tersebut Kepala Basarnas Semarang memerintahkan Koordinator Unit Siaga Rembang Susanto memberangkatkan 1 tim rescue untuk melaksanakan pertolongan disertai paralatan vertikal rescue.

Upaya evakusi Tim SAR gabungan dengan metode lowering 1 rescuer turun dengan tali untuk mengikat tubuh korban, untuk menarik ke atas dengan sistem lifting.

Kedalaman sumur mencapai 7 meter diameter kurang lebih 1 meter, setelah upaya kurang lebih 30 menit korban berhasil dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia, selanjutnya korban dibawa ke rumah duka. “Dengan berhasilnya evakusi maka operasi SAR dinyatakan selesai dan Tim SAR gabungan kembali ke satuannya masing-masing,” tutup Heru.

Sutrisno