blank
Sebanyak 130 siswa yang menjadi personel Barisan Skansa Giri, foto bersama Bupati Joko Sutopo (deret depan duduk bersila mengenakan jas berdasi berpeci) dan Kasek Gunarsi (berkebaya).(Dok.SMK Negeri 1 Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Barisan pelajar SMK Negeri 1 Wonogiri (Skansa Giri) meraih lagi juara pertama lomba defile peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 tingkat Kabupaten Wonogiri.

”Ini menjadi prestasi yang prestisius dan luar biasa. Sebab, enam kali berturut-turut meraih gelar juara pertama lomba defile,” jelas Kepala SMK Negeri 1 Wonogiri, Gunarsi SPd, MPd.

Atas prestasinya itu, menjadikan dua piala bergilir lomba defile menjadi hak SMK Negeri 1 Wonogiri. Sebab, setiap piala bergilir yang berhasil diraih tiga kali secara beturut-turut, menjadi hak permanen bagi yang meraihnya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata defile dipahami sebagai perarakan barisan. Setiap kali digelar upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Wonogiri, selalu diakhiri dengan lomba defile bagi semua barisan peserta upacara.

Barisan Skansa Giri, telah enam kali berturut-turut meraih gelar juara pertama. Lomba ini pernah dua tahun tidak digelar (Tahun 2020 dan 2021) karena pandemi Covid-19. Lomba defile kembali digelar, bersamaan upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022.

Sikap Disiplin

Panitia peringatan HUT Kemerdekaan RI Kabupaten Wonogiri, selalu menggelar lomba defile bagi semua barisan peserta upacara detik-detik proklamasi di Stadion Pringgondani, Wonokarto, Wonogiri.

Lomba defile diadakan sebagai wahana pendidikan karakter anak bangsa, melalui penanaman sikap disiplin dan semangat juang jiwa patriot. Tim juri menilai dari aspek kekompakan gerak barisan, dengan mengacu pada kepatuhan pada Peraturan Baris-Berbaris (PBB).

Kasek SMK Negeri 1 Wonogiri, Gunarsi, mengatakan, tidaklah mudah untuk memenangi gelar juara pertama lomba defile. Apalagi untuk mempertahankan gelar kejuaraan sampai keenamkalinya. Semua ini dapat terwujud, karena semangat dan sikap disiplin siswa serta kepatuhan dalam berlatih di bawah bimbingan Pelda Agus dan Pelda Rojit dari Kodim 0728 Wonogiri.

Pada lomba defile Tahun 2022, tampil sebagai Komandan Defile adalah Kasat Samapta Polres Wonogiri AKP Soepardi SH. Gelar juara I, II dan III diraih oleh SMK Negeri 1 Wonogiri dengan nilai 1.474, SMK Bhakti Mulia Wonogiri (1.460) dan SMK Negeri 2 Wonogiri (1.430).

Penyerahan piala dan hadiah uang pembinaan dilakukan Bupati Wonogiri Joko Sutopo, bersamaan dengan upacara penurunan bendera di Stadion Pringgondani Wonokarto, Wonogiri.

Bambang Pur