blank
Para peserta mengikuti Pelatihan Electrical Transient Analyzer Program (ETAP) pada 11-12 Agustus 2022 di Ruang Sidang Fakultas Teknik di Gedung Menara USM Prof Dr H Muladi SH. (Foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dosen dan mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) Universitas Semarang (USM) mengikuti Pelatihan Electrical Transient Analyzer Program (ETAP) pada 11-12 Agustus 2022 di Ruang Sidang Fakultas Teknik di Gedung Menara USM Prof Dr H Muladi SH.

Kegiatan tersebut menghadirkan pakar ahli bidang ETAP Ony Asrarul Qudsi ST MT dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

blank
Para peserta berfoto bersama seusai mengikuti Pelatihan Electrical Transient Analyzer Program (ETAP) pada 11-12 Agustus 2022 di Ruang Sidang Fakultas Teknik di Gedung Menara USM Prof Dr H Muladi SH. (Foto:humas USM)

Menurut Qudsi, software ETAP dapat digunakan untuk menganalisis beberapa permasalahan di bidang sistem tenaga listrik di antaranya analisis aliran daya, analisis hubung singkat, Arc Flash Analysis, starting motor, koordinasi proteksi, analisis kestabilan transien, dan lain-lain.

”Software ETAP dapat digunakan untuk menganalisis beberapa permasalahan di bidang sistem tenaga listrik di antaranya analisis aliran daya, analisis hubung singkat, Arc Flash Analysis, starting motor, koordinasi proteksi, analisis kestabilan transien, dan lain-lain,” jelasnya.

Peserta yang terdiri atas 19 dosen dan 6 perwakilan mahasiswa tersebut mendapatkan materi teori, seperti konsep dasar ETAP serta pemanfaatannya dalam kegiatan ketenagalistrikan dan aplikasi yang bisa dilakukan.

Ketua Jurusan Teknik Elektro Universitas Semarang, Dr Ari Endang Jayati ST MT mengatakan, kegiatan ini diharapkan menjadi kegiatan rutin untuk meningkatkan keterampilan mahasiswa Teknik Elektro di bidang analisis ketenagalistrikan.

Kegiatan ini, lanjutnya, juga salah satu upaya Prodi Teknik Elektro USM untuk meningkatkan IKU (Indikator Kinerja Utama) Perguruan Tinggi ke-4 yaitu praktisi mengajar di dalam kampus.

ETAP merupakan perangkat lunak (software) yang mendukung sistem tenaga listrik.
”Perangkat ini mampu bekerja dalam keadaan offline untuk simulasi tenaga listrik, online untuk pengelolaan data real-time,” jelasnya.

Menurut Ketua Panitia, Titik Nurhayati ST MEng, ETAP merupakan software yang berfungsi untuk penganalisis sistem kelistrikan secara rinci yang sangat dibutuhkan mahasiswa, praktisi dan peneliti di bidang ketenagalistrikan.

Muhaimin