blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – Menjelang hari ulang tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia, warga Perumahan Bangsri Indah, Dukuh Manggasari RT 1 RW 10 Desa Wedelan, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara menggelar lomba baca puisi kebangsaan. Kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu (14/8/2022) malam, diikui tiga puluh peserta lintas usia, mulai tingkat sekolah dasar hingga orang tua.

Peserta diberi kebebaaan memilih tiga puisi yang sudah ditentukan panitia. Masing-masing Menatap Merah Putih karya Sapardi Djoko Darmono, Indonesia Sudah Merdeka Asty Kusuma Dewi, dan Saya Indonesia, Saya Pancasila, juga karya Asty Kusuma Dewi.

Peserta antusias mengikuti kegiatan ini. Beragam kostum mereka kenakan untuk tampil.

Ketua panitia Suprayitno mengatakan, lomba ini dimaksudkan untuk menggugah serta meningkatkan semangat nasionalisme lintas generasi.

“Ini sekaligus ajang bernostalgia bagi bapak dan ibu untuk kembali ikut lomba baca puisi kebangsaan,” ujar dia.

Selain baca puisi, juga sudah dilaksanakan lomba mewarnai gambar  hingga melengkali gambar pahlawan dengan mata tertutup.

Selanjutnya Selasa (16/8/2022) mendatang, diagendakan malam tirakatan dengan tumpeng kemerdekaan oleh seluruh warga dan keluarga. Agenda berkutnya, Sabtu (20/8/2022) malam pentas seni dan budaya, dan terakhir Minggu (21/8/2022), jalan sehat keliling kampung dengan hadiah utama sepeda BMX.

Selain mempererat silaturahmi, kegiatan dimaksudkan untuk menjaga kekompakan warga serta mencegah masuknya paham radikal.blank

Salah satu peserta, Padika Tirtadama (9) mengaku senang dengan kegiatan ini. Sudah dua tahun, peringatan HUT kemerdekaan RI tidak dilaksanakan akibat pandemi.

“Senang sekali. Bisa lebih semangat menyambut HUT kemerdekaan Indonesia,” ujar Dama.

Hadepe