blank
Wakil Bupati Pacitan, Gagarin (kiri), memberikan ucapan selamat dengan memberikan jabat tangan kepada para personel Paskibra yang telah dikukuhkan.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Wakil Bupati Pacitan, Gagarin, Senin (15/8), mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra). Upacara pengukuhan Paskibra Tahun 2022, berlangsung di Pendapa Kabupaten Pacitan. Dihadiri oleh jajaran Forkopimda dan Sekretaris Daerah Pacitan Heru Wiwoho.

Sementara itu, pengukuhan Paskibra Tahun 2022 di Kabupaten Wonogiri akan dilaksanakan Rabu (16/8) besok oleh Bupati Joko Sutopo di Pendapa Kabupaten. Pengukuhan akan dihadiri jajaran Forkopimda dan pejabat terkait lainnya serta para Kepala Sekolah (Kasek) yang muridnya direkrut menjadi Paskibra.

Telah dua tahun belakangan ini, tidak ada Paskibra terkait adanya Pandemi Covid-19, dan baru Tahun 2022 ini ada lagi pengukuhan Paskibra. Mereka yang dikukuhkan adalah para pelajar dari SMA/SMK/MA yang selama ini telah menjalani pelatihan intensif.

Paskibra terdiri atas formasi Pasukan 17, 8 dan 45, yang akan bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih pada saat Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Rabu Tanggal 17 Agustus 2022. Juga pada petang harinya, kembali bertugas melakukan penurunan bendera.

Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, upacara pengukuhan di Kabupaten Pacitan, ditandai pemasangan sabuk Kendhit pada personel Paskibra. Setelah sebelumnya, mereka mengucapkan Ikrar Putra Indonesia.

Pengukuhan, bermakna bahwa Paskibra berjiwa kesatria. Bersatunya perkataan dan perbuatan, bertanggung jawab serta rela berkorban untuk Ibu Pertiwi.

Bambang Pur