blank
Kegiatan NSC di SMP 3 Purwodadi diisi dengan aneka lomba seperti tari kreasi Semarphore. dok Tya Widya

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Hari Pramuka menjadi hari yang istimewa bagi sebuah SMP di Kabupaten Grobogan, yakni SMP 3 Purwodadi.

Di momen Hari Pramuka, SMP 3 Purwodadi dinyatakan sukses menjadi tuan rumah dalam National Scouts Competition (NSC) atau Lomba Pramuka Nasional 2022 yang dihelat pada Sabtu-Minggu, 13-14 Agustus 2022.

Para peserta dalam NSC ini adalah mereka yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia, yang digelar secara daring atau online.

Bertempat di pelataran halaman SMP 3 Purwodadi, agenda puncak diisi dengan kegiatan internal bertajuk Scouts Festival yang berisi aneka jenis kegiatan pramuka bernuansa Indonesia.

Menurut Ketua Gugus Depan SMP 3 Purwodadi, Agus Subagyo, NTC tahun 2022 ini digelar secara online atau daring dengan jumlah peserta 18 orang putra dan 23 putri.

“Pesertanya dari berbagai daerah di Indonesia. Total ada 41 pangkalan dan setiap pangkalan atau masing-masing regu ada delapan orang yang mewakili sekolah masing-masing,” terang Agus Subagyo, Senin 15 Agustus 2022.

Agus Subagyo, Ketua Gugus Depan SMPN 3 Purwodadi mengatakan, untuk NTC tahun ini masih digelar secara online atau daring. Jumlah pesertanya terdapat 18 putra dan 23 putri dari pangkalan pramuka se-Indonesia.

Rangkaian acara NSC ini digelar sejak Juni 2022 dengan acara puncak pada Sabtu dan Minggu, 13-14 Agustus 2022.

Beberapa lomba turut memeriahkan kegiatan NSC ini, antara lain Peraturan Baris Berbaris, Yel Yel, dan tari kreasi menggunakan semaphore.

Untuk para peserta yang berasal dari luar kota, setiap pangkalan mengirim video sesuai dengan lomba yang diikuti dan mendapatkan penilaian dari panitia SMP 3 Purwodadi. Video ini juga diunggah pada laman YouTube milik SMP 3 Purwodadi.

Sementara itu, Riksa Pratama, Purna Dewan Galang SMPN 3 Purwodadi menambahkan, selain menjadi panitia penyelenggaraan agenda nasional, pihaknya juga menggelar agenda internal.

Riksa menerangkan, ada tiga lomba yang diselenggarakan, yakni flash mob, bazar, dan pembuatan prakarya atau hastakarya.

“Untuk yang agenda internal ini khusus untuk warga SMPN 3 Purwodadi,” kata dia.

Menurut Riksa, tidak semua pangkalan pramuka bisa menjadi tuan rumah gelaran nasional.

“Biasanya, event tingkat nasional digelar di tingkat kwartir cabang (kwarcab) atau kwartir daerah (Kwarda),” tambahnya.

Tya Widya