blank
Abang becak berusia sepuh datang mengendarai becaknya ke Kantor Bupati Pacitan mengenakan baju batik, untuk menerima pemberian bendera Merah Putih dari Bupati Indrata Nur Bayu Aji.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Ratusan penarik becak di Kabupaten Pacitan, Jatim, diundang ke Pendapa Kabupaten untuk mendapatkan pembagian gratis bendera Merah Putih dan bingkisan sembako.

Prokopim Pemkab Pacitan, semalam, mengabarkan, pembagian sembako dan pemberian bendera Merah Putih, langsung dilakukan oleh Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji. Ini dilakukan dalam upaya mendukung program nasional pembagian bendera Merah Putih sebanyak 10 juta di seluruh Indonesia.

Bingkisan paket sembako yang disertakan pada pembagian bendera Merah Putih, berasal dari Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Pacitan. Merupakan wujud pentasyarupan dana Baznas sebagai bagian dari program penyaluran zakat, infaq dan sodaqoh.

Jumlah penarik becak yang mendapatkan pembagian bendera Merah Putih dan bingkisan sembako sebanyak 250 orang. Jumat (12/8), mereka beramai-ramai datang ke Kantor Bupati Pacitan dengan mengayuh becaknya masing-masing. Paket sembako yang dibagikan kepada mereka, berisi barang-barang kebutuhan pokok termasuk diantaranya beras.

”Ini adalah bentuk dari kepedulian kita untuk membantu perekonomian abang-abang becak, yang beberapa waktu lalu terdampak oleh pandemi Covid-19,” kata Bupati.

Tempat Strategis
 
Jumlah bendera Merah Putih yang dibagikan Bupati, seluruhnya berjumlah 1.000 lembar. Dismaping diserahkan kepada 250 abang becak, lainnya dibagikan kepada masyarakat untuk dikibarkan di tempat-tempat strategis di Pacitan.

blank
Sebanyak 250 penarik becak, beramai-ramai mengayuh becaknya ke halaman Pendapa Kabupaten Pacitan. Ini dilakukan untuk menerima pembagian bendera Merah Putih dan sembako.(Dok.Prokopim Pacitan)

Ini menjadi bagian dalam mendukung sukses program nasional pembagian 10 juta bendera Merah Putih di seluruh Tanah Air, yang diinisiasi oleh Kementerian Dalam Negeri RI, bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah.

”Kula suwun menawi sampun pikantuk bendera Merah Putih, mangke enggal dipun pasang (Saya minta bagi yang sudah mendapatkan bendera Merah Putih, nanti segera dikibarkan),” kata Bupati yang disambut jawaban serentak ”Nggiiiiiiih (Ya)….”

Gerakan nasional pembagian 10 juta bendera Merah Putih dalam rangka peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 ini, bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme, patriotisme dan rasa cinta terhadap Tanah Air.

Bambang Pur