blank
Para Anggota Penggalang yang menjadi Kontingen Pacitan ke Jamnas Pramuka ke Cibubur, Jaktim, mendemonstrasikan gerakan manuver konfigurasi yang atraktif di Pendapa Kabupaten Pacitan.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Kontingen Pramuka Kwarcab Pacitan, Kamis (11/8), berangkat mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur (Jaktim). Secara resmi, pelepasan dilakukan Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayu Aji, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab).

Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, upacara pelepasan berlangsung di Pendapa Kabupaten. Kontingen Pacitan, terdiri atas 16 orang putra dan putri. Mereka adalah Anggota Pramuka Penggalang hasil seleksi dari 12 kecamatan se Kabupaten Pacitan.

”Adik-adik, kalian adalah wakil dari seluruh masyarakat Pacitan. Jaga nama baik Kabupaten Pacitan, dengan tetap menjaga kesopanan, bersikaplah rendah hati dan menghargai orang lain, namun tetap berani,” pesan Bupati.

Bupati minta, kepada anggota kontingen yang menjadi Duta Pramuka Pacitan, tidak minder dan merasalah bangga sebagai orang Pacitan. ”Pandailah bergaul dan banyak kawan, untuk mempromosikan Pacitan agar lebih dikenal. ”Tunjukan dedikasimu melalui prestasimu dan karya nyata,” tandas Bupati.

Buperta Cibubur

Jambore Nasional Ke-11 Tahun 2022, digelar di Bumi Perkemahan Cibubur, Jaktim. Event 5 tahunan ini, akan berlangsung mulai Tanggal 12 sampai dengan 21 Agustus 2022 mendatang.

Event Jambores Nasional ini, akan mempertemukan para duta Pramuka dari seluruh Tanah Air. Juga dengan para Anggota Pandu utusan dari negara-negara sahabat.

Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur (Buperta Cibubur) adalah kawasan perkemahan yang terdapat di Kawasan Jakarta Timur. Memiliki luas 210 Hektar (Ha), dan menjadi lokasi pelaksanaan Jambore Nasional sejak Tahun 1973.

Buperta Cibubur dibangun di kawasan yang sebelumnya merupakan bagian dari hutan karet yang sangat luas di utara kawasan Jonggol, yang dimiliki PT Perkebunan Karet Jonggol. Lokasinya mudah diakses dengan kendaraan umum dari Terminal Kampung Rambutan jurusan Kranggan atau Mekarsari Jonggol.

Bambang Pur