blank
PT. Kawasan Industri Wijayakusuma. Foto: Dok/KIW

SEMARANG (SUARABARU.ID) – PT Danareksa (Pesero) menyambut 10 BUMN lintas sektor sebagai anggota Holding Danareksa, setelah resmi ditunjuk dan dipercaya oleh Presiden dan Kementerian BUMN.

Satu diantara sepuluh itu adalah Kawasan Industri Wijayakusuma (KIW) sebagai BUMN tergabung dalam Holding Danareksa.

Menurut Dirut KIW, Achmad Fauzie Nur, dengan bergabungnya ke Holding Danareksa, KIW menyambut positif atas terbentuknya Holding Danareksa.

Hal ini bisa menjadi energi pendorong tambahan, atau akselerasi bagi KIW untuk mencapai target dalam menjalankan bisnisnya, terlebih dengan adanya penugasan Proyek Strategis Nasional (PSN) di KIT Batang, dimana membutuhkan kolaborasi dari Kementerian dan Lembaga, BUMN/D dan pihak lain.

“Dengan adanya Danareksa akan menjadi energi pemersatu untuk mendorong terwujudnya kolaborasi ini,” kata Fauzie kepada Suarabaru.id, Minggu (7/8/2022).

Saat ditanya apa konsekuensi logis menyangkut karakter, visi organisasi ketika KIW sebelum masuk holding dan setelah masuk Holding Danareksa, menurut Fauzie, hal ini menjadi penting karena harus bersinergi dan berkolaborasi dengan sepuluh BUMN lintas sektor dalam satu holding.

Fauzie mengatakan, dengan adanya berbagai macam subklaster di Holding Danareksa ini, secara umum visi yang dimiliki KIW masih relevan dengan kondisi KIW pasca bergabung dengan Holding Danareksa.

“Artinya kita tetap fokus menjalankan bisnis dalam holding ini sejalan dengan semangat kolaborasi yang hadir dalam Holding Danareksa, serta dapat mengoptimalkan ekosistem bisnis yang lebih beragam,” terang Fauzi.

Untuk itu, kata Fauzie, langkah konkrit bagi KIW, dimana direksi dan komisaris anak perusahaan holding bertransformasi untuk membuka diri, bahwa harus bersinergi menjadi sebuah kekuatan tidak berdiri sendiri satu dengan lainnya.

“Semangat kolaborasi sangat terasa, saya pikir semua BUMN didorong ke arah sana. Dengan terbentuknya Holding Danareksa ini, akan menjadi satu semangat yang sama-sama kita miliki untuk mencapai tujuan bersama yang efektif dan efisien,” imbuhnya.

Menurut Fauzie, dalam konteks itu, antar BUMN dan anak perusahaan BUMN lain yang tergabung, pasti akan menjadi lebih kuat dan semangat dalam kolaborasinya.

Ning Suparningsih