blank
Tim Putri Rugby Indonesia.

JAKARTA (SUARABARU.ID) -Indonesia kembali menjadi tuan rumah ajang olahraga internasional bertajuk Asia Rugby Sevens Trophy yang berlangsung pada 6-7 Agustus 2022 di Rugby Pitch, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

President Asia Rugby, Qais Abdulla Al Dhalai, mengatakan bahwa turnamen tersebut merupakan ajang terbesar dalam sejarah Asia dengan diikuti oleh 19 tim yang terdiri dari 12 tim putra dan tujuh tim putri.

“Ini adalah salah satu acara terbesar dalam sejarah Asia, kami belum pernah memiliki 19 tim dalam satu acara, kami berharap dua hari itu akan menjadi luar biasa, hari ini dan besok,” kata Qais di area pertandingan.

Qais memuji perkembangan rugby di Indonesia beberapa tahun terakhir. Hal itu, menurut dia terlihat dari pertandingan pertama timnas putri Indonesia yang berhasil mengalahkan Nepal dengan skor telak 43-0.

“Rugby di Indonesia berkembang pesat, dan kami Asia Rugby mengikuti semua 36 negara di Asia, dan Indonesia adalah salah satu negara dengan pertumbuhan tercepat di Asia. Jadi, federasi melakukan pekerjaan dengan baik,” ujar Qais.

Ketua Umum Pengurus Besar Rugby Union Indonesia (PB PRUI) Didik Mukhriyanto berterima kasih kepada Asia Rugby dapat kembali mempercayai Indonesia sebagai tuan rumah selama empat kali berturut-turut.

“Alhamdulillah Indonesia sudah 4 kali dipercaya Asia Rugby untuk menyelenggarakan turnamen besar di Asia Rugby ini. Ini turnamen rugby bergengsi di Asia dan Alhamdulillah hari ini tentu menjadi turnamen terbesar di Asia, karena diikuti oleh tim yang banyak,” jelas Didik.

“Alhamdulillah antusias dari masyarakat juga luar biasa, insan rugby juga luar biasa.”

Tak hanya mencetak sejarah sebagai tuan rumah event skala Asia, prestasi Timnas rugby seven Indonesia juga mendapat pujian.

Terlebih Timnas rugby putra dan putri Indonesia langsung unjuk gigi pada pertandingan pada hari pertama Asia Rugby Sevens Trophy.

“Dan kita lihat di game-game awal, timnas putra dan putri Indonesia cukup luar biasa. Mudahan-mudahan Insya Allah kami ikhtiarkan tim putra dan putri masuk tiga besar di Asia” tambah Didik.

“Tentu event di Asia ini ada single event yang dilakukan Asia Rugby satu tahun sekali, dan juga multievent baik SEA Games maupun Asian Games. Tentu kita ikhtiarkan Indonesia akan menjadi bagian itu semuanya, dan yang terdekat kita akan melakukan persiapan PON di Aceh, rugby juga menjadi salah satu peserta dan Insya Allah rugby akan memainkan 8 nomor di PON berikutnya” tutur Didik.

Asia Rugby Sevens Trophy 2022 diikuti 19 tim dari 16 negara di Asia, mulai dari Brunei, Singapura, India, Pakistan, Thailand, Iran, Nepal, Yordania, Uni Emirat Arab (UEA), Afghanistan, Mongolia, Kazakhstan, Irak, Kirgistan dan Guam.

Didik selaku Vice President Asia Rugby juga menambahkan, turnamen Asia Rugby Sevens Trophy ini pun sekaligus menjadi ajang mengukur kekuatan Timnas putra dan putri untuk tampil di ajang multievent seperti SEA Games dan Asian Games mendatang.

“Yang terdekat, kita akan melakukan persiapan PON di Aceh pada 2024. Rugby juga menjadi salah satu peserta dan Insya Allah rugby akan memainkan delapan nomor di PON,” tutupnya.

Muhaimin