blank
Ketua KPU Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi (ketiga dari kanan) menyampaikan sambutan pada acara coffe morning KPU bersama awak media. Ikut mendampingi Komisioner KPU Wonogiri Dwi Prasetyo dan Agustina Puspa Dewi serta Humas KPU Wonogiri Nursahid (kesatu, kedua dan keempat dari kanan).(SB/Bambang Pur)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Wonogiri, membuka help desk (meja bantuan) yang bertugas memberikan bantuan konsultasi tentang tahapan pendaftaran Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2024.

Sebagaimana diketahui, secara nasional, KPU telah membuka tahapan pengumuman pendaftaran Parpol mulai Jumat (29/7) sampai dengan Minggu (31/7). Kemudian dilanjutkan dengan agenda pendaftaran Parpol dan penyampaian dokumen pendaftaran oleh Parpol mulai Senin (1/8) sampai dengan Minggu (14/8) mendatang.

Untuk agenda verifikasi administrasi, dijadwalkan mulai Selasa (2/8) sampai dengan Minggu (11/9) mendatang. Jadwal penetapan, pengundian nomorurut Parpol dan pengumuman peserta Pemilu direncanakan Rabu (14/2).

Humas KPU Kabupaten Wonogiri, Nursahid Agung Wijaya, menegaskan, pendaftaran Parpol sepenuhnya ditangani oleh KPU Pusat. ”Tapi KPU Kabupaten Wonogiri membuka help desk untuk pemberian bantuan konsultasi. Sudah ada satu Parpol, yakni Partai Kedaulatan yang datang konsultasi ke KPU Wonogiri,” tegas Sahid.

Peran Penting

Penegasannya ini, Rabu (3/8), disampaikan saat mendampingi ketua KPU Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi, dalam cara coffe morning bersama awak media Wonogiri. Acara ini dikemas dengan tajuk ”Peran penting media dalam penyampaian informasi Pemilu.”

Ini menjadi sejarah baru bagi KPU Wonogiri, karena baru kali ini menggelar coffe morning bersama awak media. Ketua KPU Wonogiri, Toto Sihsetyo Adi, mengharapkan, ada jalinan kemitraan yang guyub, grapyak, semanak (kebersamaan yang akrab, maksudnya) antara KPU sebagai institusi penyelenggara Pemilu dengan insan pers di Wonogiri.

Harapan kami, tandas Toto, dengan terbangunnya sinergitas kebersamaan kemitraan awak media dengan KPU, berita-berita kegiatan KPU dan agenda tahapan Pemilu dapat tersosialisasikan secara luas ke publik.

Dalam kesempatan tersebut, diminta memberikan saran dan masukan, Bambang Pur (Suara Baru), Wisnu Pranoto (TA-TV), Aris (Joglosemar), Joko Santosa (KR) dan Aiptu Iwan Sumarsono (Humas Polres Wonogiri. Ikut hadir pula Komisioner KPU Provinsi Jateng, Putnawati, yang bersamaan tengah melakukan kunjungan ke KPU Wonogiri.

Bambang Pur