blank
Pecanangan Peringatan HUT KE-77 Proklamasi RI Kabupaten Jepara yang dikemas secara kreatif dalam Flash Mop Jepara Bangkit ( Foto: Uuut)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Ribuan WARGA  lintas komunitas di Kabupaten Jepara berkumpul di Tugu Kartini, Minggu (31/7). Para musisi, seniman, komunitas hoby, pelajar, ASN, polisi, tentara  hingga organisasi profesi menumpahkan euforia kecintaan pada daerah dan negeri lewat aksi semerta atau flash mob.

Aksi semerta pada malam itu bertajuk Jepara Bangkit diihadiri pula Penjabat (Pj) Bupati Edy Supriyanta beserta unsur Forkopimda. Rangkaian acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara serempak. Lalu para musisi ini  merilis jingle Jepara Bangkit disertai penampilan tari. Para musisi ini tampil dengabn derijin Roy Adhy Dharmawan musisi senior Jepara.

blank
Flash Mob Jepara Bangkit (Foto: Uuut)

Kemudian, dilakukan deklarasi dan pencanangan Festival Kemerdekaan Jepara Bangkit 2022 oleh Pj Bupati. Dengan suara lantang seraya mengepalkan tangan ia memekikkan kata “Indonesia”, dan disambut teriakan “Merdeka” masyarakat. Begitu pula saat pekikan “Jepara” dijawab “Bangkit”.

Diharapkan upaya bersama ini menjadi pemantik sekaligus penguat spirit nasionalisme serta patriotisme, sehingga NKRI tetap kokoh dalam kesatuan dan persatuan. Ajang flash mob ini juga diminta bisa membawa massa lintas komunitas untuk bersosialisasi, mengajak yang lainnya agar mengisi kemerdekaan dengan karya-karya dan kegiatan positif.

blank
Pj Bupati, Sekda dan Ketua DPRD dalam Flash Mop Jepara Bangkit (Foto: UUT)

Lebih lanjut dinyatakan, semangat kemerdekaan Indonesia akan selalu menggema di seluruh penjuru Bumi Kartini. Dikatakan, Festival Kemerdekaan Jepara Bangkit ini sebagai wujud kebangkitan di semua bidang kehidupan. “Semangat kemerdekaan RI tahun I945 harus diteruskan ke setiap generasi demi generasi,” tandas Edy.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Edy Sujatmiko sekaligus Ketua Umum Panitia mengatakan, pelaksanaan flash mob ini dalam rangka menyongsong perayaan Hari Kemerdekaan. Setelah itu dilanjutkan pengibaran bendera Merah Putih di lingkungan masing-masing, oleh seluruh masyarakat Jepara esok harinya. “Pengibaran serentak sampai akhir Agustus,” tuturnya.

blank
Roy Adhy Dharmawan musisi senior Jepara (Foto: Kanal Budiarto)

Disampaikan, nantinya Festival Kemerdekaan Jepara Bangkit akan diisi dengan beberapa acara yang sangat dinanti-nanti masyarakat. Seperti kegiatan berbasis ekonomi kerakyatan, seni dan budaya, serta ada pula yang bersifat religi.

Diharapkan kemeriahan bulan kemerdekaan kali ini menjadi pembeda. Sehingga dapat membuka dan menggaungkan potensi-potensi besar di Jepara. “Kita akan membangkitkan bahwa Indonesia merdeka, Jepara Bangkit,” pungkasnya.

blank
Sebagian musisi Jepara (Foto: Kanal Budiarto)

Senandung Berkibarlah Benderaku dilanjutkan lagu-lagu Wonderland Indonesia yang dinyanyikan serempak, menutup aksi semerta pada malam itu. Seluruh penampilan energik mereka disambut tepuk tangan meriah para penonton.

Hadepe Kmf