blank
Warga Dusun Ngronggah RT 05/RW 08, Desa Sanggrahan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, memakai 'ancik-ancik' (pijakan) bus saat memasang hiasan tujuhbelasan yang melintang di atas jalan.(Dok.Begug SW)
SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Ini barangkali hanya satu-satunya terjadi pada warga Dusun Ngronggah RT 05/RW 08, Desa Sanggrahan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Dalam memasang hiasan tujuhbelasan, menggunakan ‘ancik-ancik’ (pijakan) bus.

Sebagaimana yang kini tengah marak dilakukan, dalam menyambut peringatan HUT Ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2022, masyarakat berlomba-lomba memasang aneka hiasan tujuhbelasan.

Hiasan tujuhbelasan terdiri atas umbul-umbul, rontek, rumbai dan lain-lain. Bersamaan itu, selama sebulan di Bulan Agustus ini, masyarakat serentak mengibarkan bendera Merah Putih. Mulai dari Tanggal 1 sampai dengan 31 Agustus 2022.

Tokoh masyarakat Sukoharjo, Begug Suwarman, semalam, menyatakan, warga Dusun Ngronggah, Desa Sanggrahan, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo juga kerja bakti melakukan pemasangan aneka hiasan tujuhbelasan.

Lokasi yang dihias meliputi Gang Melati 1, 2, dan 3, ruas Jalan Punto Dewo Selatan. Termasuk semua gerbang pintu masuk,  juga jalan rajangan sampai ruas jalan antar-RT.

Ketua Rukun Tetangga (RT) 05/RW 08 Kampung Ngronggah, Wilarso, menyebutkan, kegiatan tersebut menjadi wujud kebersamaan warga dalam menyambut Agustus sebagai Bulan Meredeka Bangsa Indonesia.

Lampu Hias

”Warga juga bergotong-royong memasang lampu hias aneka warna. Agar suasana malam juga tampak semarak,” jelas Wilarso. Hiasan jenis rumbai renteng, juga dipasang melintang di atas jalan-jalan di lingkup Ngronggah.

Agar tidak mengganggu lalu lintas, maka pemasangan jenis hiasan yang melintang jalan dipasang tinggi. Teknisnya, menggunakan ‘ancik-ancik’ (pijakan) kendaraan bus. Sehingga dari atas atap bus, warga dapat memasangnya pada ketinggian 5 Meter dari permukaan jalan.

Abdul Rohim, tampil memimpin pemanjatan ke atas atap bus, untuk melakukan pemasangan hiasan tujuhbelasan yang melintang di atas ruas jalan. Ini barangkali menjadi sesuatu yang unik, yang tidak dijumpai di tempat lain.

Upaya menghias kampung melalui kerja bakti warga Ngronggah, berakhir Minggu petang (31/7). Termasuk untuk mewujudkan kebersihan dan penataan keindahan lingkungan, serta pengibaran bendera Merah Putih dengan tiang besi antikarat (stainless steel).

Sehingga terhitung mulai Senin hari ini Tanggal 1 Agustus 2022, wajah kampung telah berubah semarak dalam memeriahkan peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI.

Bambang Pur