blank
Jelang Agustusan, Warga Perum Purnamandala Bumireso Resik-Resik Lingkungan

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Menjelang pelaksanaan rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI, sejumlah warga RW 5 Perum Purnamandala Kekurahan Bumireso Wonosobo, Sabtu (30/7) pagi tadi, menggelar kerja bakti resik-resik lingkungan di sekitar perumahan.

Kerja bakti bersih-bersih lingkungan dilakukan di masing-masing wilayah RT 01 hingga RT 07, pembersihan rumput dan pemangkasan pohon di pinggir jalan protokol komplek Perum Purnamandala. Sejumlah warga tampak kompak untuk melakukan gotong royong bersama.

Resik-resik juga dilakukan di lapangan samping Makam Umum Mendolo yang akan digunakan untuk kegiatan lomba Agustusan bagi anak-anak dan warga setempat. Semak belukar dan rumput liar dipotong agar lapangan bersih. Pohon yang mengering juga ditebang.

Ketua RW 05 Perum Purnamandala Tri Umpono mengatakan kerja bakti selain untuk menyambut peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI juga dalam rangka mengawali tahun baru 1444 H dalam suasana lingkungan yang bersih, asri dan sehat.

“Seluruh warga RW 05 Perum Purnamandala yang terdiri dari RT 01 sampai RT 07, saya minta untuk bekerja bakti secara serentak. Membersihkan lingkungan masing-masing dan resik-resik jalan protokol. Sehingga lingkungan jadi bersih dan indah,” ujarnya.

Tempat Lomba

blank
Rumput liar di lapangan mini Perum Purnamandala Bumireso Wonosobo juga dipotong. Foto : SB/Muharno Zarka

Sementara itu, Ketua Panitia HUT ke-77 Perum Purnamandala Marsudiono memimpin langsung pemasangan tenda untuk persiapan pelaksanaan lomba Agustusan di komplek RT 02 dan lapangan mini di perumahan setempat.

“Penyiapan tempat lomba Agustusan sengaja dilakukan lebih awal. Sebab, lomba anak-anak maupun bapak-bapak dan ibu-ibu, sangat beragam. Sehingga nanti sebelum HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2022 tiba, semua jenis perlombaan sudah selesai,” ujarnya.

Menurut pensiunan ASN Disperkimhub Wonosobo itu, lomba Agustusan terdiri dari kategori anak-anak, remaja, bapak-bapak dan ibu-ibu. Lomba tidak sekadar untuk meraih kemenangan. Tapi yang lebih penting adalah guna membangun kekompakan dan keguyuban antar warga.

“Setelah hampir dua tahun tidak ada perayaan Agustusan karena didera pandemi global Covid-19, kini warga bisa mengekpresikan kegembiraannya melalui aneka lomba khas tujuh belasan. Mari semua bersyukur dan bergembira atas Kemerdekaan RI yang sudah diraih sejak 77 tahun lalu,” tegasnya.

Puncak peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, sambung pria berkumis tebal itu, akan digelar jalan santai dan panggung gembira pada Minggu, 14 Agustus 2022. Selain itu, di malam 17 Agustus juga hendak dihelat renungan suci, doa bersama dan tasyakuran atas anugerah Kemerdekaan RI dan pandemi global Covid-19 yang telah mereda.

Muharno Zarka