blank

JEPARA(SUARABARU.ID)-Warga Desa Suwawal, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, antusias menyambut tahun baru Islam 1444 Hijriah. Mereka kembali bisa menggelar kegiatan budaya tahunan, pawai oncor pada malam tahun baru yang jatuh pada Jumat malam (29/7/2022). Kegiatan itu digelar Formasi 13, sebuah forum diskusi pemuda di RT 1 RW 3 desa tersebut.

Ketua Panitia Muhammad Zufron mengatakan, warga sangat antusias karena event budaya itu sempat tidak digelar akibat pandemi Covid-19. Lokasi pemberangkatan di Musala Darul Iman RT 1 RW 3, dipenuhi warga yang ingin menyaksikan pawai ratusan anak-anak dan remaja pembawa oncor. Petinggi Suwawal Arief Ma’sum bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga hadir di lokasi.

“Bahkan keinginan ibu-ibu PKK ikut bergabung dalam pawai tak lagi dapat kami bendung. Mereka bergabung dengan anak-anak dan remaja dalam pawai ini,” kata Jufron.

Warga di sepanjang rute pawai sekitar 2 kilometer juga antusias menyaksikan kegiatan tersebut. Saat pawai berakhir di tempat semula, dilanjutkan dengan doa bersama awal tahun.blank

“Sedangkan doa akhir tahun sudah kami lakukan sebelum Magrib tadi. Juga di musala,” katanya

Ketua RW 3 Sulismanto bersama Ketua RT 1 Slamet Riyadi mengatakan, budaya pawai oncor setiap tahun baru Hijriah di kampungnya, dimaknai sebagai upaya mengingatkan warga bahwa manusia selalu berada dalam posisi hijrah.

“Yaitu agar senantiasa lebih baik dari sebelumnya. Oncor menjadi simbol perlunya penyuluh perjalanan,” katanya.

Ketua RW Sulismanto mengapresiasi pemuda setempat yang menjadi inisiator dan kreator kegiatan tahunan tersebut. Apresiasi yang sama juga dia berikam kepada warga RT dan RW sekitar yang bersama nyengkuyung kegiatan tersebut sehingga menjadi event budaya rutin desa.

blank
Anggota Formasi 1/3

Petinggi Arief Ma’sum saat memberangkatkan peserta mengatakan, Formasi 13 adalah aset desanya yang selalu tampil dalam berbagai kegiatan.

Aksal – Hadepe