blank
Irwan Loekito, Ketua LPMK Lamper Lor, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang memberikan arahan dalam Pemberdayaan Linmas di Balai Kelurahan Lamper Lor, Jum’at (29/7/2022). Foto : Absa

SEMARANG (SUARABARU.ID) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Lamper Lor, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang gandeng Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), untuk melakukan pemberdayaan Linmas (Perlindungan Masyarakat) atau biasa disebut Hansip (pertahanan sipil), di Balai Kelurahan Lamper Lor, Jum’at (29/7/2022).

Berawal dari sebuah rasa keprihatinan Ketua LPMK Lamper Lor Irwan Loekito, yang melihat keberadaan Linmas itu tidak memiliki anggaran dalam perencanaan anggaran pemerintah, padahal aktifitas Linmas itu merupakan ujung tombak keamanan lingkungan di masyarakat bawah, terutama dalam memberikan bantuan saat bencana alam.

“Linmas ini biasanya akan tampil lima tahun sekali. Di saat-saat Pemilu akan terlihat dan itu hanya terjadi dalam lima tahun sekali. Padahal keberadaan Linmas sangat dibutuhkan sebagai ujung tombak keamanan di lingkungan masyarakat tingkat bawah dan itu tidak dianggarkan pemerintah,” jelasnya.

BACA JUGA : BBGRM Semarang Selatan Bagikan Bibit Tanaman dan Susu Cegah Stunting Anak

Oleh sebab itu, lanjutnya, dengan menggandeng BAZNAS Kota Semarang dalam pemberdayaan Linmas ini, dapat memberikan manfaat bagi anggota Linmas yang ada di Kelurahan Lamper Lor.

“Hari ini, ada perhatian dari BAZNAS Kota Semarang yang memberikan paket sembako senilai Rp 100 ribu kepada anggota Linmas di Kelurahan Lamper Lor. Semoga ini bisa bermanfaat dan diharapkan ke depan ada perhatian lebih dari pemerintah maupun lembaga lain,” terang Irwan Loekito.

blank
Arnaz Agung Andrarasmara, Ketua BAZNAS Kota Semarang didampingi Ketua LPMK Lamper Lord an Pengurus BAZNAS menyerahkan bantuan paket sembako kepada perwakilan Linmas Kelurahan Lamper Lor di Balai Kelurahan  Lamper Lor, Jum’at (29/7/2022). Foto : Absa

Ketua BAZNAS Kota Semarang Arnaz Agung Andrarasmara berharap, bantuan sebanyak 50 paket sembako untuk Linmas Kelurahan Lamper Lor itu, dapat lebih bermanfaat untuk Linmas bersama keluarganya.

“Karena seperti kita tahu, Linmas ini pekerjaan sukarela dan memang belum dianggarkan oleh pemerintah, jadi ya semampu kita untuk membantu Linmas,” terangnya.

Walaupun BAZNAS tidak bisa memberikan bantuan dalam bentuk honor, lanjutnya, tapi mungkin untuk membantu biaya pendidikan anak-anaknya atau hal lain akan diusahakan oleh BAZNAS untuk bisa memberikan bantuan.

“Tentunya, kalau Saya lihat Linmas ini kedepan bisa menjadi garda terdepan intelijen BAZNAS jika ada masyarakat yang membutuhkan bantuan,” harap Arnaz.

“Prinsipnya Saya mengimbau kepada masyarakat yang mampu untuk peduli untuk menyalurkan zakat, infaq, sodaqoh ke Baznas,” imbaunya.

 

Absa