blank
Melaui Yanling mobil BLKK yang jemput bola, masyarakat memperoleh kemudahan dalam pelayanan kepolisian secara cepat dan efisien. Termasuk pemberian pelayanan perpanjangan STNK dan SKCK.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Selama ini, masyarakat yang memerlukan surat kehilangan harus datang ke Polsek atau Polres. Tapi di Wonogiri, kini ada terobosan baru bisa lewat pelayanan keliling (Yanling) model jemput bola.

Masyarakat dapat mendatangi mobil Yanling yang memberikan pelayanan di tempat langsung jadi. Ini menjadi komitmen Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto, untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat melalui zona integritas, dalam upaya meraih target Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri, Aiptu Iwan Sumarsono, menyebutkan, WBBM adalah predikat yang diberikan kepada unit kerja, yang memenuhi sebagian besar kriteria dalam mengimplementasikan enam area perubahan program reformasi birokrasi, serta telah mampu mencegah KKN dan bisa memberikan pelayanan prima.

Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Wonogiri, Ipda Kristanto, Selasa (19/7), mengatakan, terbosan baru pelayanan diberi nama Balai Layanan Kamtibmas Keliling (BLKK).

Melalui Yanling ini, masyarakat dapat melaporkan kehilangan barang, seperti dompet, surat-surat penting, buku tabungan, KTP dan pengaduan lainnya. BLKK juga memberikan pelayanan terpadu tentang perpanjangan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dengan menyertakan personel dari Sat Intel, dan pelayanan Samsat keliling bersama personel Satlantas.

Di Event CFD

Untuk sasaran lokasi pelayanan, BLKK akan mendatangi perkantoran dan perbankan pada hari kerja. Juga akan memberikan pelayanan pada Hari Minggu di event Car Free Day (CFD) atau tempat keramaian publik lainnya.

blank
Selasa hari ini tadi (19/7) tim terpadu Yanling BLKK Polres Wonogiri, membuka lapak pemberian pelayanan kepolisian di Kecamatan Sidoharjo. Rabu besok (20/7) rencananya di Kecamatan Manyaran.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

Tujuan utamanya, ini untuk mendekatkan pelayanan kepolisian ke masyarakat. Dengan target memberikan proses layanan cepat dan efisien. Langkah terobosan baru ini, mendapatkan sambutan positif dari warga masyarakat.

Itu terjadi sebagaimana saat buka praktek pelayanan di Kecamatan Pracimantoro (sekitar 40 Kilometer arah barat daya Ibukota Kabupaten Wonogiri) misalnya. Dengan memberikan pelayanan kepada sebanyak 141 orang. Terdiri atas masing-masing 2 orang pelapor kehilangan dan perpanjangan SKCK, serta 137 perpanjangan STNK.

Selasa (18/7) hari ini tadi, memberikan pelayanan terpadu di Kecamatan Sidoharjo (sekitar 15 Kilometer arah timur Ibukota Kabupaten Wonogiri). Personelnya terdiri Ipda A Kristanto dan Briptu Dhimas DJ (SPKT), Bripka Bardi dan Briptu Rahmawati (SKCK) serta Bripka David Azhar dan Briptu Imam Aditya N (Satlantas).

Pelayanan yang diberikan meliputi satu pembuatan laporan kehilangan, 4 perpanjangan SKCK, 70 perpanjangan STNK dan 6 pelayanan informasi SIM.

Untuk Hari Rabu besok (20/7), agendanya akan memberikan pelayanan masyarakat di Kantor Kecamatan Manyaran.

Bambang Pur