blank
Dalam bekerja bakti massal, warga Kampung Madyorejo, Sukoharjo, juga melakukan pengecatan tugu pembatas yang dibangun di tengah perempatan jalan.(Dok.Kampung Madyorejo Sukoharjo)

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Warga Kampung Madyorejo RT 01/RW 07 Kelurahan Jetis, Kecamatan dan Kabupaten Sukoharjo, guyub rukun melakukan kerja bakti massal. Ini dilakukan dalam rangka menyongsong Hari Jadi Kabupaten Sukoharjo Ke-76 Tahun 2022.

Tokoh Masyarakat Madyorejo, Begug Suwarman, Minggu (17/7), menyatakan, kerja bakti massal juga melibatkan para remaja yang tergabung dalam Komunitas Puma-20. ”Ini sekaligus untuk menyongsong Agustus sebagai Bulan Merdeka Indonesia dalam menyambut HUT Ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI Tahun 2022,” jelasnya.

Ketua Rukun Tetangga (RT), Joko Sarjana, mengajak seluruh warganya agar senantiasa peduli menjaga kebersihan lingkungannya sendiri-sendiri. ”Agar tercipta lingkungan yang rapi bersih dan sehat,” katanya.

Bersamaan dengan kerja bakti massal itu, dilakukan pemasangan umbul-umbul, rontek dan pengibaran bendera Merah Putih. Lokasinya di tempat-tempat yang telah ditentukan, dengan mempertibangkan aspek estetika dalam mewujudkan keindahan.

Kepada warga diseru untuk membudayakan kebersihan. Yang ini dapat dimulai dari rumah hunian masing-masing. Kebersihan juga dilakukan di luar rumah, tanah pekarangan, termasuk lahan kosong.

Bersamaan itu, juga dilakukan pengecetan garis lis/kanstin jalan dan gapura gerbang pintu masuk kampung, serta tugu yang berada di tengah perempatan. Disertai pula pemasangan aneka lampu hias warna-warni.

Untuk pengecatan gapura dikoordinir Tri Suya. Sekaligus melakukan pemasangan lampu hias enam pasang di semua gapura pintu masuk. Ini dalam upaya memberikan warna semarak saat datang malam.

Bambang Pur