blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Ekonomi (FE) memberikan Sosialisasi Peningkatan Pemahaman Pengelolaan Keuangan "Reza Laundry" di Ruko Emerald Jaya, Semarang baru-baru ini. (Foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebagai bentuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Ekonomi (FE) memberikan Sosialisasi Peningkatan Pemahaman Pengelolaan Keuangan “Reza Laundry” di Ruko Emerald Jaya, Semarang baru-baru ini.

Tim PkM terdiri atas Surjawati SE MM Akt, Amerti Irvin Widowati SE MSi dan Nirsetyo Wahdi SE MM CA BKP CPA.

Ketua Tim PkM, Sujarwati SE MM Akt mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membantu pemilik usaha laundry untuk membuat perencanaan arus kas masuk dapat sesuai dengan tingkat penyelesaian pekerjaan.

Menurutnya, manfaat arus kas adalah sebagai dasar untuk manilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas dan setara kas serta menilai kebutuhan perusahaan untuk menggunakan arus kas tersebut.

”Kami berharap, melalui kegiatan ini pemiliki usaha laundry menjadi paham cara membuat perencanaan arus kas masuk yang sesuai dengan tingkat penyelesaian pekerjaan,” ujarnya.

Acara ditutup dengan pelatihan membuat perencanaan kas masuk beserta usaha-usaha yang harus dilakukan agar arus kas masuk dapat stabil dan sesuai dengan penyelesaian pekerjaan.

”Adapun usaha-usaha tersebut yaitu mengevaluasi arus kas masuk dan keluar dengan cermat, menata jadwal penagihan agar tepat waktu, menunda investasi dan efisiensi belanja stok barang, meninjau ulang pembayaran utang, dan menyusun laporan dengan lengkap secara berkala,” ungkapnya.

Muhaimin