blank
Trio mayorette Drum Band Gita Bahana Wiyata SMP Negeri 1 Punung, melakukan penghormatan saat gladi bersih di halaman Pendapa Kabupaten Pacitan. Ini dilakukan dalam persiapan ke PSS Surabaya Tanggal 17 Jui 2022 mendatang.(Dok.Prokopim Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Group drum band ‘Bahana Gita Wiyata’ SMP Negeri 1 Punung Pacitan, Jatim, Minggu (17/7) mendatang, diundang untuk tampil dalam Parade Parade Surya Senja (PSS) di Surabaya.

Tepatnya saat upacara penurunan Bendera Merah Putih Tanggal 17 Juli 2022 di halaman Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Terkait dengan itu, Selasa (12/7), Satuan Drumband ‘Bahana Gita Wiyata’ SMP Negeri 1 Punung, melakukan gladi bersih di halaman Pendapa Kabupaten Pacitan.

Prokopim Pemkab Pacitan, Selasa (12/7), mengabarkan, dalam gladi bersih itu hari Bupati Pacitan Indrata Nur Bayu Aji bersama pejabat terkait. Orang nomor satu di Kabupaten Pacitan ini, menunggui langsung jalannya gladi bersih yang dimainkan oleh para siswa SMP Negeri 1 Punung tersebut.

Juga hadir Wakil Bupati Pacitan, Gagarin, serta perwakilan pengurus Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Provinsi Jawa Timur beserta Kepala Sekolah (Kasek) dan pelatihnya.

Dorongan Semangat

”Masih ada beberapa hari untuk penyempurnaan sebelum nanti tampil di Surabya. Secara umum sudah baik, tinggal meningkatkan kekompakan,” ujar Bupati saat memberikan pengarahan dan pembinaan.

Kepada para para siswa yang menjadi awak Drum Band Bahana Gita Wiyata, diberikan dorongan semangat dan dipesankan untuk tidak minder saat tampil di Surabaya. ”Jangan jadikan beban, tapi bermainlah dengan cinta, agar bisa menikmati setiap alunan musik serta gerak tariannya,” pesan Bupati.

Ketika kepada anak-anak dibebaskan dari beban, harapannya mereka dapat tampil secara maksimal. Mampu menyuguhkan penampilan yang prima. ”Jangan lupa minta doa restu kepada orangtua, cium tangannya, agar kalian nanti bisa tampil maksimal dan sukses,” pesan Bupati.

Kegiatan PSS menjadi wahana unjuk kreativitas, sekaligus menempa semangat patriotisme dan nasionalisme. Memberi bermanfaat bagi generasi muda khususnya para pelajar di wilayah Jatim. Utamanya dalam ikut memeriahkannya PSS melalui unjuk ketrampilan ber-drumband atau melalui jenis kesenian budaya lainnya.

Bambang Pur