Sebanyak 30 pelaku UMKM Kecamatan Gayamsari mengikuti Workshop Digital Marketing dengan tema ''Pemanfaatan Sosial Media untuk Menunjang Promosi Pelaku UMKM Kecamatan Gayamsari''yang digelar Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi USM pada Rabu (6/7) di Balai Kecamatan Gayamsari. (Foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sebanyak 30 pelaku UMKM Kecamatan Gayamsari mengikuti Workshop Digital Marketing dengan tema ”Pemanfaatan Sosial Media untuk Menunjang Promosi Pelaku UMKM Kecamatan Gayamsari”yang digelar Mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi USM pada Rabu (6/7) di Balai Kecamatan Gayamsari.

Peserta merupakan anggota Gerakan Terintegrasi Masyarakat Koperasi dan Usaha Mikro (Gerai Kopimi). Mereka belajar mengemas pesan yang tepat melalui teknik copywriting.

Para panitia dan peserta Workshop Digital Marketing foto bersama seusai kegiatan. (Foto:humas USM)

Dosen Ilmu Komunikasi, Edi Nurwahyu Julianto mengatakan, kunci sukses dalam copywriting adalah dengan mengombinasikan masalah konsumen dan keunggulan dari produk yang dimiliki.

”Membuat caption jangan terlalu panjang. Mulailah dengan membuat kalimat yang berangkat dari problematika konsumen dan bagaimana produk kita bisa menjawab masalah tersebut. Ada beberapa teknik yang bisa digunakan, salah satunya PAS (Problem, Agitate dan Solve),” ujarnya.

Disamping belajar membuat pesan dengan teknik copywriting, para pelaku UMKM didampingi mahasiswa S1 Ilmu Komunikasi USM berlatih melakukan pemotretan produk dan mengedit konten menggunakan aplikasi canva.

”Ternyata saya baru tahu ada template desain yang praktis bisa dipakai untuk membuat materi promosi. Ini bermanfaat dan langsung saya terapkan untuk promosi produk brownies saya,” ujar peserta workshop, Widi.

Ketua Workshop, Destia Rochmadani mengatakan, kegiatan ini sebagai aksi nyata mahasiswa menerapkan mata kuliah Komunikasi Pembangunan terjun langsung ke masyarakat memberikan pelatihan yang output-nya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Muhaimin