blank
Setiap kali CFD Kota Wonogiri digelar, petugas Dishub sibuk memasang sejumlah rambu lalu lintas penutupan jalan sejak dari Pukul 05.00 sampai Pukul 09.00.(Dok.Dishub Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Disampaikan ‘woro-woro’ (pengumuman atau maklumat) bahwa event mingguan Car Free Day (CFD) Kota Wonogiri, untuk Minggu (10/7) mendatang ditiadakan.

Pengumuman ini, disampaikan kepada para pihak yang terlibat dalam kegiatan CFD, termasuk para Pedagang Kaki Lima (PKL) dan asongan, serta berbagai komunitas dan warga masyarakat. Agar mereka memahami dan tidak kecele datang untuk ber-CFD pada hari tersebut.

Terkait peniadaan CFD khusus pada Hari Minggu (10/7) medatang, pihak Dishub dan Satlantas Polres Wonogiri tidak melakukan penutupan ruas jalan. Arus lalu lintas dikembalikan normal sebagaimana pada hari-hari biasa.

Arus lalu lintas non-bus dan non-truk dari arah Solo yang akan melakukan perjalanan ke Pacitan dan Ponorogo, dapat melintas Kota Wonogiri. Yakni melewati Lampu Bangjo (traffic light) Ponten ke arah timur melewati ruas Jalan Ir Sukarno.

Sebaliknya, arus lalu lintas dari Pacitan-Ponorogo yang akan ke Sukoharjo-Solo, dapat terus melaju dari Jembatan Juranggempal ke arah barat, sampai di Bangjo Ponten belok ke kanan.

Dua Kali

Sebagaimana pernah diberitakan, event hari bebas kendaraan itu telah digelar dua kali, yakni pada Hari Minggu (26/6) dan Minggu (3/7). Gelaran CFD atau Car Free Sunday (CFS) Kota Wonogiri ini, sebelumnya telah ditiadakan selama dua tahun lebih karena pandemi Covid-19.

blank
Dishub Kabupaten Wonogiri telah berupaya mengumumkan tentang rencana peniadaan CFD pada Hari Minggu (10/7) kepada publik. Termasuk woro-woro melalui Medsos dan unggahan di jejaring internet.(Dok.Dishub Wonogiri)

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wonogiri, Waluyo, Rabu (6/7), mengatakan, CFD untuk Minggu (10/7) tidak digelar. Ini berkait dengan penetapan pemerintah bahwa Tanggal 10 Juli 2022 adalah Hari Raya Idul Adha 1443 H.

”Untuk menghormati hari besar Islam tersebut, dan menjaga kelancaran terkait adanya ibadah Salat Idul Adha berjamaah, maka CFD untuk Minggu Tanggal 10 Juli 2022 ditiadakan,” jelas Waluyo.

Waluyo yang mantan Kepala Satpol-PP dan mantan Kabag Humas Pemkab Wonogiri ini, mengatakan, berkaitan dengan peniadaan CFD pada Tanggal 10 Juli 2022 tersebut, telah disebarkan ‘woro-woro’ kepada masyarakat.

Yakni dengan mendasarkan surat resmi dari Pemkab Wonogiri Nomor: 500/8720 tentang Penonaktifan Kegiatan CFD Sementara. Surat tersebut ditandatangani Sekda Wonogiri, Haryono.

Surat itu telah dikirimkan kepada para Kepala Dinas terkait, para camat, Kepala BPBD, Kepala Satpol-PP dan semua Camat se Kabupaten Wonogiri. Untuk selanjutnya dapat dimaklumatkan kepada warga masyarakat secara luas.

Bambang Pur