blank
Kebumen Violin Orchestra saat tampil di Lantai 6 d'BILZ Hotel Pangandaran 2 Juli lalu.(Foto:SB/Humas DKD Kebumen)

PANGANDARAN (SUARABARU.ID) – Kebumen Violin Orchestra sukses menampilkan sejumlah lagu pada Konser Senja di Lantai 6 Aula d’BILZ Hotel, Pangandaran.

Bahkan ratusan penonton pun terpukau dengana penampilan apik Konser Senja tersebut. Pujian datang pula dari pengurus Dewan Kesenian Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jabar

Semula konser akan digelar di Kampung Turis Pangandaran, Jawa Barat, pada 2 Juli 2022. Namun sehubungan cuaca tidak memungkinkan, akhirnya dipindah ke Aula Lantai 6 d’BILZ Hotel Pengandaran.

Pada tour konser kedua ini menampilkan 50 anak violin-violin muda berbakat. Mayoritas masih duduk di bangku sekolah dasar. Bahkan yang termuda masih duduk di kelas 2 Sekolah Dasar hingga pelajar yang duduk di bangku SMA di Kebumen.

Pelatih dan Arranger Kebumen Violin Orchestra (KVO), Taufik Ismail, menjelaskan, Konser Senja di Pangandaran ini merupakan tour konser kedua setelah sebelumnya pada 2020 melakukan tour konser di TMII Jakarta.

Taufik Ismail berharap dengan penyelenggaraan tour konser kali ini akan semakin memotivasi anak asuhnya untuk lebih bersemangat dalam berlatih biola.

blank
50 violin Kebumen Violin Orchestra mampu memukau pengunjung d’BILZ Hotel Pangandaran. (Foto:SB/Humas DKD Kebumen)

Selanjutnya mereka akan bisa berprestasi dan pada akhirnya akan menjadi potensi sumber daya manusia yang membanggakan bagi Kabupaten Kebumen.

“Ini untuk memberikan pengalaman buat anak-anak sehingga mereka makin bersemangat lagi untuk belajar,”ungkap Taufik, di sela-sela acara konser, Sabtu, 2 Juli 2022.

Memukau Ratusan Penont0n

Meskipun dalam guyuran hujan, pada konser yang digelar di pinggir pantai itu rampu memukau ratusan penonton dengan penampilan sejumlah lagu.

Mulai dari The Final Countdown (Europe), Mimpi (Anggun C Sasmi), Nighty Uncle (Yanni), She’s Gone (Steelheart), Bunga Terakhir (Bebi Romeo), Cintaku (Chrisye), Canon Rock (Jerry C).

Ketua Umum Dewan Kesenian Daerah (DKD) Kebumen Pekik Sat Siswonirmolo mengapresiasi dan mendukung tour konser Kebumen Violin Orchestra di Pangandaran.

Bahkan secara tidak terduga Pagelaran konser KVO tersebut juga menjadi ajang silaturahmi antara DKD Kebumen dengan Dewan Kesenian Kabupaten Pengandaran.

Menurut Sat Siswo, pada konser tersebut dihadiri oleh Sekretaris Umum Dewan Kesenian Kabupaten Pengandaran Ai Nurhidayat. Kehadiran beliau semakin memicu gairah anak-anak KVO dalam pementasan.

“Kssner ini akan semakin menguatkan eksistensi KVO Kebumen di luar wilayah Kabupaten Kebumen ,” terang Pekik.

Pihaknya pun mendorong KVO untuk terus berkarya memberikan pelatihan biola pada anak-anak di Kebumen. Bahkan bakat anak- anak dan remaja di bidang musik perlu terus diasah di era kekinian.

Apalagi komunitas seni sejenis KVO ini merupakan potensi seni musik yang langka dan bernilai tinggi sehingga harus terus kita kembangkan dan diberi ruang untuk tampil.

Sekretaris Dewan Kesenian Kabupaten Pengandaran Ai Nurhidayat menyampaikan permohonan maaf Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Pengandaran Drs. Cucu Gumilar, yang berhalangan hadir karena terjebak kemacetan. Selanjutnya Ai Surahman memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya konser KVO tersebut.

Menurut Ai Nurhdayat, Kabupaten Kebumen sudah selayaknya bangga memiliki komunitas langka seperti Kebumen Violin Orchestra. Apalagui penampilannya malam itu sangat memukau.

“Tidak setiap kota memiliki komunitas semacam ini. Terima kasih KVO dan DKD Kebumen yang telah menyajikan pertunjukan langka dan keren,”ungkap Ai Nurhidayat.

Komper Wardopo