blank
Ketua Dekranasdda Kabupaten Jepara, Ny Eka Edy Supriyanta bersama pengurus MGMP Tata Busana dan MKKS SMK (fOTO : Ainin)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Ketua Dekranasdda Kabupaten Jepara, Ny Eka Edy Supriyanta ingin wastra Jepara seperti batik motif Jepara dan Tenun Ikat Troso dapat semakin dikenal dunia. Karena itu ia mendukung kegiatan-kegiatan kreatif untuk mempromosikan potensi daerah ini seperti halnya fashion show maupun fashion carnival.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ny Eka Edy Supriyanta  saat menerima audiensi Musyawarah Guru Mata Pelajaran Tata Busana Kabupaten Jepara belum lama ini. Turut mendampingi audiensi, Ketua Musyawarah Kerja Kepala SMK Kabupaten Jepara, Aris Hidayanto dan Sekretaris MKKS, Mirza.

blank
Ketua Dekranasdda Kabupaten Jepara, Ny Eka Edy Supriyanta saat menerima audiensi MGMP Tata Busana (Foto: Aini)

Oleh sebab itu ia mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh MGMP Tata Busana baik di tingkat kabupaten maupun provinsi. “Melalui kegiatan fashion promosi dapat dilakukan secara efektif. Juga pengembangan motif batik, bisa dilakukan melalui pendidikan di sekolah. Bahkan informasinya, penetapan batik sebagai pakaian dinas PNS di Pemkab Jepara tahun 2015 juga dilakukan diatas panggung fashion show,” ujar  istri Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta.

Pada audiensi ini, Ketua MGMP Tata Busana Kabupaten Jepara Indria Mustika yang juga menjadi Ketua MGMP Tata Busana Provinsi Jateng mengungkapkan sejumlah even fashion show baik lokal maupun regional yang sudah dilaksanakan.

“Kedepan kami akan mermbuat even di tingkat Jawa Tengah, Jateng Fashion Week di Surakarta. Harapan kami Ibu bersedia tampil bersama ekspatriat Jepara di ajang tersebut dengan menampilkan kearifan wastra Jepara. Juga akan menjadi bagian dari fashion show dan Jepara serta Java Carnival dalam Festival Kemerdekaan Jepara Bangkit 2022,” ujar Indria Mustika.

Sementara Ketua Musyawarah Kerja Kepala SMK Kabupaten Jepara, Aris Hidayanto menjelaskan, saat ini di Jepara  terdapat  49 SMK yang terdiri dari SMK Negeri ada 9 SMK dan SMK Swasta ada 40 SMK. Sedangkan dalam  Lomba LKS yang mewakili Jateng ke Tingkat Nasional ada 2 Mata Lomba yaitu SMK Negeri 2 Jepara mata lomba Batik dan SMK Negeri 1 Bangsri Mata Lomba Teknik Kendaraan Ringan

Hadepe – Aini