blank
Tim Polres Wonogiri saat melakukan Gaktibplin Satpam ke perusahaan, masih menemukan ada personel yang memakai seragam lama.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tim Polres Wonogiri pimpinan Kasat Binmas AKP Setiyono, melakukan inspeksi mendadak (sidak) Penegakan Ketertiban Kedisiplinan (Gaktibplin) terhadap para personel Satuan Pengamanan (Satpam) yang bertugas di wilayah Wonogiri.

Hasilnya, menemukan beberapa kekurangan yang perlu disempurnakan. Termasuk mendapati ada personel Satpam yang masih mengenakan seragam lama, yakni baju warna putih dan celana biru. ”Lho seragamnya masih yang lama ?,” tegur anggota Tim Polres Wonogiri.

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto dan Kasat Binmas AKP Setiyono melalui Kasih Humas Polres AKP Anom Prabowo dan Kasubsi Penmas Humas Aiptu Iwan Sumarsono, menyatakan, Sidak Gaktibplin ini dilakukan dalam upaya penegakan ketertiban dan kedisiplinan para personel Satpam.

Sasarannya, meliputi aspek pemakaian seragam Satpam yang telah dibakukan beserta kelengkapan atribut pendukungnya, sikap tertib dan kedisiplinan personel dalam melaksanakan tugasnya. Yang belum tertib dan disiplin, mendapat teguran dan pembinaan.

Saat mendatangi perusahaan PT A, Tim Gaktibplin Polres Wonogiri mendapati ada tiga dari 15 personel Satpam yang tidak hadir. Juga menemukan 8 anggota Satpam yang tidak memakai field cap (topi lapangan), 3 orang potongan rambutnya tidak rapi, 1 orang tidak memakai kaos dalam, 3 orang kaos dalamnya tidak sesuai.

Selanjutnya di PT T, mendapati ada 9 dari 15 personel Satpam yang tidak hadir. Hadir enam, masing-masing 3 bertugas di pos jaga depan dan 3 di dalam, serta 3 lepas dinas.

Tim mendapati ada 5 personel yang belum mengikuti Diklat Satpam, 4 masih memakai seragam lama, 4 memakai kaos dalam yang tidak sesuai, dan 6 tidak memakai field cap.

Bambang Pur