Menteri Pemuda Olahraga RI, Zainudin Amali, dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menghadiri pembukaan PeSONas ke 1 2022 di Holy Stadium Semarang, Senin (4/7/2022) malam.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pembukaan ajang Pekan Special Olympics Nasional (PeSOnas) 2022 di Semarang berlangsung meriah, Senin (4/7/2022) malam. Ajang yang diperuntukkan bagi difabel intelektual ini, dibuka secara resmi oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali.

Selain Menteri Pemuda Olahraga RI, Zainudin Amali, dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, turut hadir pula pada malam itu wartawan senior sekaligus pembawa acara Kick Andy, Andy F Noya, serta para pengurus Special Olympic Indonesia (SOIna).

Bertempat di Holy Stadium Semarang, acara dibuka dengan penampilan drum band, dan dimeriahkan berbagai penampilan seperti pencak silat, tari Dolalak, serta menyalakan obor PeSONas.

PeSOnas 2022 berlangsung 3-8 Juli 2022 di Kota Semarang dan ajang ini diperuntukan khusus bagi anak-anak bertalenta khusus sebagai atlet peserta. Mereka yang ikut serta dalam PeSonas merupakan penyandang disabilitas intelektual atau tuna grahita.

Adapun, cabang olahraga yang dipertandingkan dalam PeSOnas 2022 terdiri dari 12 cabor. Di antaranya renang, bulu tangkis, bola tangan, bola basket, senam ritmik, tenis meja, sepak bola, futsal, boccee, bola voli, atletik, danĀ  tari olahraga. Adapula, kegiatan non kompetisi seperti healty atlet, congres family, neuroscience dan seni budaya.

Adapun total atlet peserta yang ikut dalam ajang PeSONas ini adalah 1.724 orang, yang terdiri dari atlet 1.118 orang dan sisanya adalah para pendamping atau ofisial.

Menpora RI, Zainudin Amali, mengatakan, provinsi Jawa Tengah patut menjadi panutan bagi daerah lain. Sebabnya, perhatian pemerintah provinsi akan perkembangan olahraga disabilitas sangat besar.

“Sampai 11 Agustus, Jateng juga akan jadi tuan rumah Asean Paragames. Ini patut kita apresiasi dan banggakan. Saya sempat berpikir seandainya Pemda di seluruh Indonesia punya perhatian yang sama, maka akan membangkitkan dan menumbuhkan ajang paralympic kita,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengatakan, ajang ini merupakan kerjasama dari berbagai pihak. Ia mengungkapkan apresiasi kepada para panitia yang dapat mewujudkan PeSOnas 2022 di Jateng diikuti sekitar 22 Provinsi dari seluruh Indonesia.

“Terima kasih kepada kawan-kawan, karena sudah menyiapkan ini dengan luar biasa.Kita siapkantempat yang bagus agar bisa menampung banyak, kita berikan pelayanan yang baik supaya besok bertandingnya sportif,” katanya.

Ketua Pengurus Pusat Special Olympics Indonesia (Soina), Warsito Ellwein, menyampaikan, ajang ini diperuntukan khusus bagi anak-anak bertalenta khusus. Mereka yang ikut serta dalam PeSONas merupakan penyandang disabilitas intelektual atau tuna grahita.

“Kami menyebut mereka anak bertalenta khusus, bukan lagi disabilitas intelektual. Kita ingin agar anak-anak ini diberi ruang yang aman, nyaman, guyub dan rukun serta bahagia agar mereka bisa berkarya mengembangkan potensi dan berguna bagi diri sendiri serta masyarakat serta negara,” katanya.

(hery priyono)