blank
Penghijauan di Bukit Serut Foto: Pemdes Singonegoro

BLORA (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora akan terus berupaya mendukung agar desa – desa wisata di Blora untuk berkembang. Salah satunya dengan pembangunan infrastruktur jalan menuju lokasi desa wisata di wilayah Blora.

Kepala Desa Singonegoro, Sarji berharap, ke depan wisata Bukit Serut di Desa Singorejo, Kecamatan Jiken dapat semakin maju sehingga turut mendorong perekonomian masyarakat setempat khususnya para pelaku UMKM. Senin (4/7/2022)

“Semoga perekonomian warga Singonegoro semakin maju,” kata Kades Singonegoro.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Blora, Istadi Rusmanto mengungkapkan bahwa DLH siap mendukung terwujudnya desa wisata yang maju. Diantaranya melalui kebersihan lingkungan dan mendorong bank sampah di desa-desa wisata.

“Di Desa Singonegoro ini ada Bank Sampah sehingga harapan kami dengan bank sampah masyarakat di desa ini bisa memanfaatkannya bisa mengolah sampah,
harapan kami desa wisata ini bisa zero sampah,’’ papar Istadi.

blank
Pemkab Blora peringati hari lingkungan hidup di bukit serut
Foto: Pemdes Singonegoro

Di sela-sela peringatan Hari Lingkungan Hidup di Bukit Serut, Desa Singorejo, Kecamatan Jiken, Senin 4 Juli 2022, Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, memerintahkan Kepala Dinas DPUPR Blora, agar ruas jalan yang menuju akses wisata, termasuk akses ke Bukit Serut untuk didukung.

“Coba nanti kita petakan untuk jalan-jalan yang merupakan akses ke desa wisata. Karena orang mau ke tempat wisata kalau jalannya bagus akan semakin semangat,” ujar Bupati H. Arief Rohman.

Hadir di acara itu, Wakil Bupati Blora. Tri Yuli Setyowati, ST, MM, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala DPUPR, Camat dan Forkopimcam Jiken.

Di kesempatan itu, Bupati Blora ikut melakukan penanaman pohon, sekaligus menyerahkan bantuan tempat sampah dan gerobak sampah. Termasuk salah satu layanan dari DLH Blora, yakni tukar sampah plastik dengan serabi.

H. Arief Rohman yang akrab disapa Mas Arief tersebut mengungkapkan, Pemkab Blora akan mendukung desa-desa wisata yang ada di Blora untuk terus berkembang. Selain infrastruktur, pemerintah juga terus mendorong kebersihan dan keasrian lingkungan tempat wisata tersebut.

Dikatakan, Pemkab Blora juga berupaya untuk menciptakan tempat wisata yang ramah lingkungan.

“Tadi juga dicanangkan desa yang ada bank sampahnya. Nanti DLH dengan Dinporabudpar dan dinas lainnya, untuk mendukung program kebersihan agar lingkungan wisata menjadi asri,” Jelas Bupati

Apresiasi Desa Wisata

Disampaikan Bupati, pihaknya mengapresiasi wisata Bukit Serut yang saat ini perkembangannya semakin baik.

H. Arief Rohman mengakui bahwa dirinya sudah beberapa kali berkunjung ke Bukit Serut. Alhamdulillah, perkembangannya bagus sehingga perlu didukung bersama sama.

“Tidak hanya Bukit Serut, tapi desa-desa lainnya yang ingin menjadi desa wisata Pemkab akan mendukung,” imbuh Mas Arief.

Untuk diketahui, di wisata Bukit Serut, Desa Singorejo, Kecamatan Jiken pengunjung dapat menyaksikan keindahan hamparan pemandangan dari atas bukit, lengkap dengan berbagai wahana swafoto yang menarik.

Terlebih, dari puncak bukit, pengunjung dapat menyaksikan indahnya matahari terbenam.

Kudnadi Saputro