blank
Penampilan Iwan Fals saat menghibur puluhan ribu penggemar di Alun-alun Kebumen Sabtu (2/7) malam,(Foto:SB/Kominfo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sekitar 30 ribu penggemar memadati Alun-alun Kebumen menyaksikan konser Iwan Fals pada penutupan Kebumen International Expo (KIE), Sabtu (2/7) malam.

Bahkan panitia sampai kehabisan tiket lantaran membludaknya para OI atau penggemar sang legen Iwan Fals. Mereka datang dari Kebumen dan sekitarnya. Bahkan ada pula yang dari Bekasi, Yogyakarta dan Magelang untuk melihat langsung penampilan pelantun Galang Rambu Anarki itu.

Konser Iwan Fals di Kebumen ini pun disebut panitia menjadi yang terbesar selama KIE 8 hari, karena penggemarnya dari berbagai kota datang ke Kebumen. Maklumlah, penampilan di Kebumen ini merupakan konser pertama Iwan Fals di panggung terbuka setelah tiga tahun lamanya ia tidak konser karena pandemi Covid-19.

Tak disangka antusias masyarakat untuk menonton sang maestro begitu tinggi. Tiket yang disediakan sebanyak 20 ribu habis terjual. Alun-alun Kebumen malam itu bak dipenuhi lautan manusia.

“Terima kasih kepada pak Arif Sugiyanto, BupatiiKebumen. Berkat Pak Arif Sugiyanto, kita bisa dipertemukan malam ini,”ujar Iwan Fals saat menyapa penggemar di awal penampilan.

blank
Menyajikan 15 lagu terbaik, Iwan Fals bersemangat menghibur penonton yang memadati Alun-alun Kebumen.(Foto:SB/Kominfo)

Lebih lengkap lagi karena penutupan KIE dihadiri langsung Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar didampingi Bupati Arif Sugiyanto. Abdul Halim pun mengapresiasi gelaran KIE sekitar sepekan Kebumen seolah bergetar.

“Apalagi diselingi sholawatan dan penampilan para artis ibu kota. Saya harap tahun depan pak Bupati bisa mengadakan lagi karena ini bisa menghidupkan perekonomia daerah,”tandas Abdul Halims seraya memuji langkah Bupati Kebumen mengentaskan kemiskinan.

8 Hari Aman dan Lancar

Sementara itu Bupati Arif Sugiyantyo bersyukur sejak dibuka Menkop UKM Teten Maskudki hingga malam penutupan KIE, stan dan panggung pertunjukan selalu meriah dikunjungi masyarakat. Pihaknya berterima kasih kepada semua pihak, mulai Pertamina, aparat keamanan, pemerintah daerah, pelaku UMKM dan masyarakat yang telah berpartisipasi mendukung suksesnya KIE.

“Konser Iwan Fals menjadi yang terbesar, antusias masyarakat begitu tinggi. 20 ribu tiket yang kita sediakan habis terjual. Bahkan terinformasi masih banyak ribuan orang belum bisa masuk ke area KIE karena kehabisan tiket,”ujar Bupati di Pendopo Kabumian, Sabtu malam.

Setelah mempertimbangan faktor keamanan dan ketertiban, akhirnya dipertengahann konser Bupati dan EO mengizinkan pintu masuk dibuka untuk mereka yang berjejal di luar Alun-alun. Patut disyukuri selama KIE berlangung, kegiatan ini aman dan lancar.

Sukses tampil memukau di atas panggung, Iwan Fals menghibur puluhan ribu penggemarnya dengan menyanyikan sekitar 15 lagu terbaiknya. Beberapa di antaranya Bento, Surat Buat Wakik Rakyat, Buku Ini Aku Pinjam, Pesawat Tempur, Oemar Bakri, Air Mata Api, Ibu, Kuda Lumping, dan Yang Terlupakan.

Iwan Falks menambahkan, KIE spektakuler karena selama delapan hari dari 25 Juni sampai 2 Juli 2022, diisi hiburan dari artis atau musisi papan atas. Kemudian diisi 500 stand pameran, yang 80 persennya merupakan pameran produk-produk UMKM. Pasca pandemi, ia melihat gelaran Expo terbesar baru pertama kali ada di Kebumen. Bahkan terinformasi tanpa menggunakan dana APBD.

“Semoga ini bisa membangkitkan lagi perekonomian masyarakat, meningkatkan daya beli. Sukses selalu buat pemerintah Kabupaten Kebumen. Delapan hari full dikasih hiburan artis. Insya Allah tahun depan bisa diadakan lagi,”ucap Iwan Fals.

Komper Wardopo