Pelatih timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong (kanan)

JAKARTA (SUARABARU.ID) -Pelatih timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong mengakui buta mengenai kekuatan lawan-lawannya di Grup A. Indonesia tergabung ke dalam Grup A bersama Myanmar, Vietnam, Thailand, Brunei Darussalam, dan Filipina. Grup ini dianggap persaingannya sangat berat.

Timnas Indonesia U-19 sendiri sudah memulai pemusatan latihan intensif di bawah arahan Shin Tae-yong sejak 20 Juni 2022. Sebelumnya, mereka dipimpin oleh Dzenan Radoncic
“Mulai dari 20 Juni 2022, kami sudah pemusatan latihan. Tidak ada informasi soal lawan-lawan kami nanti,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat 1 Juli 2022.

Kendati begitu, juru taktik asal Korea Selatan itu sangat yakin dengan tim asuhnya bakal tampil maksiml. “Semua pemain sudah siap. Mereka akan kerja maksimal untuk mendapatkan hasil yang baik,” tutur Shin Tae-yong.

Skuad Garuda Muda akan memulai perjalanan di Grup A menghadapi Vietnam. Mereka akan saling berhadapan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu malam WIB 2 Juli 2022. Vietnam bukanlah lawan yang mudah untuk dikalahkan. Marselino Ferdinand dan kawan-kawan mesti waspada betul dengan kekuatan lawan.

Pertandingan kontra Vietnam menjadi laga perdana Skuad Garuda Nusantara di AFF U-19 yang akan berlangsung pada hari Sabtu 8 Juli 2022 mulai pukul 20.00 WIB LIVE dari Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Ajang ini pun akan menjadi pembuktian bagi Shin Tae-Yong untuk mengalahkan Timnas Vietnam di bawah asuhan Dinh The Nam. Setelah melawan Vietnam, berikutnya Garuda Nusantara akan berhadapan dengan Brunei Darussalam pada Senin, 4 Juli 2022 pukul 19.30 WIB.

Selanjutnya skuad Garuda Nusantara akan menghadapi tim kandidat terkuat Piala AFF U-19 2022 dalam grup A yakni Thailand pada hari Rabu, 6 Juli 2022 mulai pukul 19.30 WIB.

Timnas Thailand dibawah asuhan pelatih Salvador Valero Garcia ini menjadi kolektor terbanyak gelar turnamen dengan total lima kali juara. Selanjutnyaperjuangan Timnas Indonesia U-19 akan berlanjut dengan menghadapi perlawanan Filipina pada Jumat, 8 Juli 2022 pukul 19.30 WIB dan ditutup dengan laga terakhir melawan Myanmar tgl 10 Juli.

Turnamen sepak bola yang diikuti oleh 11 Negara di Asean yaitu Brunei Darussalam, Filipina,Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Timor Leste dan Vietnam ini akandigelar di 2 venue, yakni: Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi dan Stadion Madya Senayan, Jakarta.

Muhaimin