Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto bersama Ketua Pengurus Bhayangkari Cabang Wonogiri, melakukan tabur bunga ke pusara makam pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa di Mojoroto, Wonogiri.(Dok.Humas Polres Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Menyambut peringatan HUT Ke-76 Bhayangkara Tanggal 1 Juli 2022, Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto memimpin ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa Kabupaten Wonogiri.

Kasi Humas Polres Wonogiri AKP Anom Prabowo dan Kasubsi Penmas Humas Aiptu Iwan Sumarsono, menyatakan, ziarah ke TMP Kusuma Bangsa dilakukan Rabu (29/6). Diawali dengan upacara di halaman TMP, kemudian dilakukan tabur bunga ke pusara para pahlawan.

Acara ini diikuti oleh para Pejabat Utama (PJU) Polres Wonogiri bersama Kapolsek se jajaran, Ketua dan Pengurus Bhayangkari Cabang Wonogiri.

”Dengan melakukan ziarah, diharapkan jajaran Polres Wonogiri dapat meneladani dan mencontoh semangat serta pengorbanan para pahlawan,” tegas Kapolres AKBP Dydit Dwi Susanto. Ditambahkan, jiwa dan semangat pahlawan, hendaknya selalu menyertai insan Bhayangkara dalam melaksanakan tugas sebagai pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat.

Menurut Kapolres, acara ziarah ke Taman Makam Pahlawan ini rutin dilakukan pada setiap tahun. Utamanya saat menjelang peringatan Hari Bhayangkara Tanggal 1 Juli. Ini sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa-jasa para pahlawan, yang telah rela berkorban demi bangsa dan negara.

Acara ziarah ditandai dengan peletakan karangan bunga di tugu prasasti Taman Makam Pahlawan oleh Kapolres, dilanjutkan dengan pembacaan doa dan diakhiri dengan tabur bunga bersama di pusara makam para pahlawan.

Bambang Pur