blank

SUKOHARJO  (SUARABARU.ID):
Pemerintah Kabupaten Sukoharjo menyalurkan bantuan dari Bank Jateng kepada UMKM dan masyarakat sebagai upaya pemulihan ekonomi daerah. Bantuan sebesar Rp2,6 miliar tersebut diserahkan Bupati Sukoharjo Etik Suryani di Menara Wijaya Lantai 10, Selasa (14/6/2022).

Asisten II Sekda Bidang Ekonomi Pembangunan Sukoharjo RM Suseno Wijayanto, mengatakan, bantuan tersebut disalurkan untuk 1.373 orang penerima. Bantuan diberikan untuk pelaku UMKM dan masyarakat lain yang membutuhkan.

Untuk penerima bantuan sendiri terdiri atas rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 100 unit, masing-masing rumah menerima bantuan Rp15 juta, Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) binaan Sanggar Inklusi sebanyak 599 orang masing-masing menerima Rp600 ribu, bantuan lansia 60 orang masing-masing menerima Rp900 ribu, dan pelaku UMKM sebanyak 614 orang masing-masing mendapatkan Rp750 ribu.

“Total bantuan yang sudah disalurkan sebesar Rp2,3 miliar, dan masih tersisa Rp227 juta yang akan disalurkan di tahap selanjutnya,” ujarnya.
Sementara itu, Bupati Sukoharjo Etik Suryani mengapresiasi Bank Jateng atas bantuan yang disalurkan.

Menurutnya, pandemi Covid-19 telah melambatkan roda ekonomi bangsa Indonesia. Beragam sektor bisnis harus mengalami kerugian, utamanya saat awal-awal pandemi bahkan banyak pula yang terpaksa gulung tikar.

“Saya memberikan apresiasi kepada Pimpinan Bank Jateng Cabang Sukoharjo atas bantuan yang disalurkan.

Pandemi corona dalam dua tahun ini telah membawa dampak yang luar biasa dalam perekonomian masyarakat dimana kondisi perekonomian berada di titik rendah,” ungkap bupati. Saat ini, lanjut bupati, roda ekonomi mulai bangkit kembali, salah satunya melalui sektor UMKM.

“Saya berharap, bantuan kepada UMKM dan masyarakat ini nanti mampu menggerakkan kembali roda perekonomian, sehingga mampu mewujudkan masyarakat Sukoharjo yang lebih Makmur,” pungkasnya.

Wijanarko, Pemimpin Bank Jateng Cabang Sukoharjo mengungkapkan bahwa sudah menjadi kewajiban Bank Jateng untuk berperan serta dalam pemulihan ekonomi daerah. “Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi penerima, dan Bank Jateng bisa secara kontinyu memberikan manfaat bagi masyarakat”, imbuhnya.

Bank Jateng