Penambahan, tercatat menyerang ternak milik warga Kradenan. Disnakkan Kabupaten Grobogan mencatat kecamatan yang berhimpitan dengan Gabus, dari 51 terjadi pemambahan tiga kasus positif PMK.

Terus Meningkat

Di wilayah Kecamatan Penawangan dan Toroh, juga terjadi peningkatan kasus positif PMK. Sedang penambahan positif PMK tertinggi terjadi di Geyer. Dalam sehari 33 ternak sapi milik peternak di Geyer dinyatakan positif PMK sehingga menjadi 462 ternak.

“Penambahan semua ternak sapi. Jumlah total kasus 1549, kasus aktif 1119, ternak yang sembuh 422,” kata Riyanto.

Dengan banyaknya kasus positif PMK, Disnakkan Kabupaten Grobogan gencar melakukan vaksinasi ternak. Vaksinasi dilakukan serentak di sejumlah wilayah di Kabupaten Grobogan.

“Kita sudah melakukan 974 vaksinasi ternak. Petugas kita sebar ke sejumlah wilayah untuk melakukan vaksinasi ternak secara serentak,” tambah drh Riyanto.

“Pelaksanaan vaksinasi, dilakukan di desa Bajarejo, Gabus, Geyer, Warukaranganyar, Banjarsari, Simo dan Tanjungharjo masing masing 100 dosis. Di Dapurno 81 dosis, Tuko 98 dosis, Tambirejo 82 dosis dan Getasrejo 113 dosis vaksin ternak,” tambahnya.

Riyanto menambahkan, vaksinasi dilakukan untuk memberi kekebalan hewan ternak dengan harapan bisa sembuh dari penyakit mulut dan kaki. Selain vaksinasi, pihaknya juga melakukan karantina hewan sehingga bisa meminimalisir penyebaran virus.

Tyaning Wiedya