blank
Penanaman mangrove oleh siswa SDN 1 Batealit. (Foto : Mbah Dhet)

JEPARA (SUARABARU.ID) –  Untuk meningkatkan rasa cita alam dan kasih sayang manusia seperti bunyi dasa  dharma yang kedua, siswa siswi SD Negeri 1 Batealit diajak Pembibitan dan Penanaman mangrove di pantai Ujung Piring Mlonggo Jepara Selasa (28/6/2022)

Sebanyak 30 Pramuka siaga dan di dampingi kakak-kakak pembina para siswa diajak cara menanam, marawat dan meneliti berbagai macam jenis magrove serta cara merawat mangrove pasca tanam dengan pemateri dari Pramuka Peduli Kwarcab Jepara, dan anggota Sekber Pecinta Alam Jepara.

blank
Menanam mangrove untuk belajar cinta lingkungan (Foto: Mbah Dheit )

Kamabigus SDN 1 Batealit Sri Sulistyo Nugrahini menuturkan kegiatan menanam merupakan kegiatan mulia dan banyak manfaatnya selain mencegah abrasi masih banyak yang lain seperti ketersediaan oksigen dan tempat ekosistem hidup mahluk lainnya.

Sementara pembina pramuka SDN 1 Batealit Abdul Kholiq mengatakan tujuan kegiatan menanamkan rasa kepedulian alam sejak dini dan edukasi tentang tanaman mangrove. Mereka pun sangat antusias dan senang bisa belajar membibit mangrove, maka dari itu mari cintai lingkungan sekitar kita dan jaga kelestariannya.

blank
Siswa SDN 1 Batealit menanam mangrove di ujung Pasr (Foto: Mbah Dheit)

” Harapan kedepan anggota pramuka mampu mengamalkan Dasa Darma ke 2 Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.” imbuhnya

Ulul Azmi salah satu peserta yang turut mengikuti kegiatan ini sangat senang karena dapat ilmu baru tentang mangrove dan manfaat menanam mangrove. “Saya sangat senang sekali mengikuti kegiatan ini, ini adalah pengalaman pertama kali menanam mangrove,” ujarnya

Hadepe –  Mbah.Dhet