blank
Komoditas bawang merah. Foto:dok

KUDUS (SUARABARU.ID) – Harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Kudus terus melonjak dalam sepekan terakhir. Harga komoditas ini kini menembus Rp 60 ribu per kilogramnya.

Tutik Asiani, pedagang sembako pasar Bitingan Kudus menyebutkan, harga bawang naik cukup drastis dibandingkan harga sebelumnya yang ada di kisaran Rp 40 ribu per kilogram.

“Iya sepekan terakhir ini terus mengalami kenaikan,”kata Tutik, Selasa (28/6).

Tutik menyebutkan, tidak tahu pasti apa penyebab kenaikan harga bawang merah tersebut. Menurutnya, harga naik sejak dari distributor. Meski demikian, pasokan barang masih mencukupi.

“Untuk konsumen sedikit menurun meski tidak signifikan,”ujarnya.

Sementara, Kabid Fasilitasi Perdagangan Promosi dan Perlindungan Konsumen pada Dinas Perdagangan, Imam Prayitno mengungkapkan kenaikan harga bawang merah kemungkinan terjadi karena masa panen petani sudah lewat.

Pasokan bawang merah di Kudus selama ini dipasok dari lokal Kudus yakni wilayah Undaan, sebagian dari wilayah Karanganyar dan Wedung Demak, serta beberapa dari wilayah Brebes.

Imam menyebut kenaikan harga masih dalam batas wajar. Sebagai dampak lonjakan harga tersebut, konsumen kelompok rumah tangga biasanya mengurangi jumlah pembelian.

“Untuk konsumen kalangan pedagang makanan tetap, karena mereka harus tetap menjaga kualitas rasa makanannya,”tandasnya.

Ali Bustomi