blank
Kepala Pelayanan PMI Kabupaten Grobogan, Gesit Kristiyawan saat memberikan materi kepada para kader Palang Merah Remaja. Foto: dok PMI Kabupaten Grobogan

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Palang Merah Remaja (PMR) Kabupaten Grobogan menggelar dan berhasil memilih Bela Wahyu Hestiningsih, pelajar SMAN 1 Wirosari sebagai Koordinator Forpis (Forum Remaja Palang Merah Indonesia) menggantikan Zahra Mauizah dari SMAN 1 Gubug.

Kepala Pelayanan PMI Kabupaten Grobogan Gesit Kristiyawan menjelaskan, Bela akan mewakili PMI Kabupaten Grobogan maju ke Forpis tingkat Jawa Tengah tahun ini.

“Tugasnya nanti melakukan koordinasi dan komunikasi untuk PMR se Kabupaten Grobogan dalam rangka membantu kegiatan Pelayanan PMI Kabupaten Grobogan,” ujar Gesit, Minggu (27/6/2022).

Menurut Gesit , Palang Merah Remaja mempunyai peran dalam mendukung eksistensi para remaja untuk mengembangkan jiwa kepalangmerahan dan mempersiapkan relawan muda sebagai penggerak motor di lingkungan, bangsa dan negara.

Tri Bakti PMR

Dalam Konferensi Palang Merah Merah Remaja di Kabupaten Grobogan, tambahnya, para relawan muda ini diajak untuk mengembangkan Tri Bakti PMR.

Para relawan Palang Merah Remaja di Grobogan ini mendapatkan materi tentang Tri Bakti PMR, yakni berkarya dan berbakti di masyarakat, berperilaku hidup bersih dan sehat, serta mempererat persahabatan nasional dan internasional.

Gesit Kristiyawan juga menjelaskan, anggota PMR harus menjadi penggerak pengurangan risiko bencana.

“Anggota PMR harus menjadi pengerak pengurangan risiko bencana yang ada disekolah maupun di masyarakat seperti memahami bahaya, kerentanan, risiko, dan kapasitas,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Grobogan, Djasman mengungkapkan kader PMI yakni Palang Merah Remaja dapat memberikan masukan terkait  kegiatan PMI melalui konferensi PMR dan menjadi penghargaan bagi PMR.

Tyaning Wiedya