Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama Menkop UKM Teten Masduki dan Sekjen Kemendag Suhanto meninjau stan Kebumen International Expo, Sabtu (25/6) malam.(Foto:SB/Kominfo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyatakan, even Kebumen International Expo (KIE) selama 8 hari (25/6-2/7) menghabiskan anggaran sekitar Rp 10 Miliar.

“Kalau anggaran informasi dari panitia kurang lebih Rp 10 miliar,”ujar Arif Sugiyanto saat menggelar Konferensi Pers di Komplek Pendopo Kabumian, Sabtu (25/6) malam.

Namun Bupati memastikan anggaran untuk KIE di kompleks Alun-alun Kebumen tersebut tidak menggunakan APBD, melainkan dari masyarakat untuk masyarakat. Termasuk dukungan dari Pertamina sebagai sponsor tunggal.

“Yang perlu saya tekankan bahwa di sini tidak menggunakan APBD. KIE ini dibiayai oleh masyarakat untuk masyarakat. Termasuk dari Pertamina sebagai seponsor tunggal,” tuturnya.

Bupati optimistis adanya KIE ini justru akan menambah peningkatan ekonomi di masyarakat karena even ini menggabungkan antara perdagangan, investasi dan pariwisata.

Marangsang Masuknya Investasi

‚ÄúSeperti disampaikan Pak Menteri (Teten Masduki), KIE bisa menambah daya beli masyarakat. Kalau daya belinya naik, pasti ekonomi akan bangkit karena adanya putaran ekonomi,”terang Arif Sugiyanto.

Dari sisi perdagangan, lanjut Bupati, sangat baik, lantaran KIE menampilkan sekian banyak produk dan jasa. Baik dari UMKM, instansi maupun korporat dengan 500 stand pameran. Dari stan tersebut pasti ada informasi dan perdagangan.

Tidak hanya itu, KIE juga dipercaya bisa merangsang masuknya investasi di Kebumen. Bupati optimis, dengan adanya KIE ini bisa menghasilkan nilai investasi Rp100 miliar.”Kita sangat optimis dengan adanya KIE ini, investasi yang masuk di Kebumen bisa lebih dari Rp100 miliar,”ucapnya.

Opening Ceremony KIE turut dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Sekjen Kemendag RI Suhanto, Pjs Vice President Corporate Communication PT Pertamina Heppy Wulansari, Wakil Ketua BPK RI Agus Joko Pramono dan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo, serta Bupati dan Wali Kota di Jateng-DIY.

Acara pembukaan dimeriahkan pesta kembang api, tarian tradisional dan penampilan konser musik dari Sammy Simorangkir serta penampilan vokalis kebanggaan Kebumen Yoda Idol. Pada malam kedua giliran band Kotak manggung di Alun-alun Kebumen.

Komper Wardopo