blank
Suasana Rakerda DPD PAN Kabupaten Kudus. Foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Nama Ketua PDIP Puan Maharani dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo muncul dalam penjaringan nama capres yang digelar DPD PAN Kabupaten Kudus.

Penjaringan nama capres tersebut dilakukan dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PAN Kudus yang digelar di kantor setempat, Jumat (24/6) malam.

Pengurus DPW PAN Jateng, Jayus menyampaikan penjaringan nama capres tersebut merupakan instruksi DPP. Yang mana setiap DPD menentukan 10 nama capres usulan dari pengurus cabang.

Selanjutnya, nama-nama tersebut akan dibawa ke DPW untuk kemudian dibawa di arena Rapimnas DPP.

“Meski penentuan nama capres yang diusung PAN merupakan otoritas dari Ketua Umum, tapi sebagai bentuk demokrasi, proses penjaringan tetap dilakukan dari bawah,”kata Jayus.

Selain nama Puan dan Ganjar, beberapa nama lain yang muncul dalam proses penjaringan capres diantaranya Zulkifli Hasan, Soetrisno Bachir, Haedar Natsir, Abdul Mukti, Anies Baswedan, Erick Thohir, Tito Karnavian, serta Sandiaga Uno.

blank
Ketua DPD PAN Kudus Hj Endang Kursistiyani. Foto: Ali Bustomi

Persiapan Pemilu 2024

Sementara, Ketua DPD PAN Kabupaten Kudus Hj Endang Kursistiyani menambahkan, Rakerda digelar juga dalam rangka persiapan menghadapi Pemilu 2024.

Persiapan lebih awal dilakukan seiring hasil buruk yang diraih PAN di Pemilu 2019 khususnya wilayah di Jawa Tengah.

“Jateng memang mendapat perhatian khusus dari DPP setelah pada Pemilu 2019 silam gagal meraih kursi DPR RI, hanya enam kursi DPRD Jateng dan kursi DPRD Kabupaten yang semula 114 hanya tersisa 81,”kata Endang

Menurutnya, persiapan yang dilakukan diantaranya terus membenahi struktur kepengurusan sampai ke tingkat ranting beserta kelengkapan administrasinya.

Dan yang tak kalah penting, PAN akan mulai menyiapkan saksi yang akan diterjunkan saat Pemungutan Suara Pemilu 2024 mendatang.

Sebab, salah satu faktor banyaknya kursi legislatif PAN yang hilang adalah kurangnya saksi di lapangan.

“Oleh karena itu, penyiapan saksi akan kami lakukan lebih awal. Saksi nanti tak hanya bertugas saat pemungutan suara, tapi juga harus bisa menjadi relawan sekaligus tim sukses pemenangan,”papar Endang.

Ali Bustomi

PAN Kudus Siapkan Ambulans untuk Bantu Masyarakat Hadapi Pandemi

Musda Berlangsung Mulus, Endang Kursistiyani Terpilih Pimpin DPD PAN Kudus