KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman memotong pita menandi peresmian Makodim 0709/ Kebumen di Jalan Lingkar Selatan, Selasa (21/6).(Foto:SB/Pendim)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Setelah tertunda hampir setengah tahun, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD d) Jenderal TNI Dudung Abdurachman meresmikan Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0709 Kebumen di Jalan Lingkar Selatan, Desa Adikarso, Kebumen, Selasa (21/6).

Peresmian ditandai pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh KSAD didamping Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono dan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto. Dilanjutkan peninjauan ruangan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kebumen.

Selain didampingi Pangdam IV Diponegoro, hadir pula Kasrem 072/Pamungkas Kol Inf Heri Dwi Subagyo. Sebelumnya sempat menanam pohon di halaman Makodim dan mengikuti sesi foto bersama.

Jajaran Forkompimda Kebumen hadir Dandim 0709 Letkol Inf Eduar Hendri, Kapolres AKBP Burhanuddin, Kajari Fajar Sukristyawan, serta mantan Bupati Kebumen H Yazid Mahfudz.

Yazid Mahfudz semasa menjabat Bupati (2015-2020) menghibahkan tanah Pemkab di timur Terminal Bus Kebumen seluas 1,5 hektare kepada TNI AD. Selanjutnya KSAD kala itu masih Jenderal TNI Andika Perkasa. Jenderal Andika Perkasa kemudian menyetujui pembangunan Makodim baru.

KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman berfoto bersama Pangdam IV/Diponegoro dan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto berfoto bersama di halaman Makodim 0709 Kebumen.(Foto:SB/Pendim)

“Kami berterima kasih kepada Bupati Kebumen yang menghibahkan tanah kepada Kodim,”tegas Jenderal Dudung saat memberikan pernyataan di hadapan awak media.

KSAD sempat menyinggung keberadaan Makodim lama di Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen menempati bangunan milik Pemprov Jawa Tengah. Bangunan tersebut merupakan peninggalan Belanda, bekas pabrik minyak kepala kemudian beralih status menjadi aset Pemprov hingga kini.

“Untuk itu kita cari lahan yang memungkinkan dan dapatlah tempat ini sampai proses pembangunan. Hasilnya bangunan Kodim yang representatif. Semoga menjadi berkah bagi prajurit TNI dan tambah semangat menjalankan tugas,”pesan Jenderal Dudung.

TNI Diminta selalu Hadir di Hati Rakyat

Setelah Makodim yang baru ini ditempati, lanjut Jenderal Dudung, dirinya berharap TNI akan semakin sukses dalam mengayomi rakyat. Pihaknya juga menekankan agar TNI selalu ada di hati rakyat dan hadir untuk mengatasi kesulitan masyarakat.

Peletakan batu pertama pembangunan Makodim pada 10 Februari 2001. Kantor itu telah jadi sejak akhir tahun lalu telah ditempati awal 2022. Sedianya segera diresmikan. Namun baru dilaksanakan pada Selasa (21/6).

Jenderal Dudung pada kesempatan meresmikan itu pun memperoleh sambutan hangat dengan disertai pengalungan bunga serta tarian. Ucapan selamat lewat karangan bunga yang berderet di halaman Makodim ikut menyemarakkan suasana.

Anggota Kodim 0709 pun serentak ikut menyambut kehadian KSAD beserta istri sembari menyanyikan lagu “Selamat Datang Bapak Ibu”, dan mengakhiri dengan menyanyikan lagu “Kapan-kapan” diiringi tepuk tangan.

Bupati Kebumen masa jabatan 2015-2020 KH Yazid Mahfudz kepada wartawan mengatakan, di tahun kelima jabatannya ia memberikan hibah tanah kepada TNI AD. Tanah yang dihibahkan merupakan bagian Terminal Tipe A Kebumen.

“Berhubung tanah itu lama tidak berfungsi, Pemkab Kebumen menghibahkan tanah yang berada di sisi timur Terminal Bus Tipe A Kebumen keada TNI,”ujar Yazid Mahfudz.

Sumber di Kodim 0709 menyebutkan, Makodim menempatai tanah aset Pemprov di bekas area pabrik minyak Sari Nabati itu sejak 1985 saat pabrik berhenti beroperasi . Dengan demikian hampir 37 tahun Kodim 0708 Kebumen menumpang tanah Pemprov Jateng.

Komper Wardopo