Grup kasidah Nasida Ria tampil di panggung musik di Jerman. Foto: @/nasidariasemarang.
Grup kasidah Nasida Ria tampil di panggung musik di Jerman. Foto: @/nasidariasemarang.

SUARABARU.id – Lama tak dibicarakan, grup kasidah Nasida Ria tiba-tiba mengguncang jagat maya lantaran tampil di panggung Opening Week Music Program Documenta Fifteen di Kassel, Jerman pada Sabtu (18/06/2022).

Di acara itu, kelompok kasidah asal Semarang ini terlihat kompak berbusana gamis paduan kuning dan hitam. Ada beberapa lagu yang mereka bawakan, antara lain “Kota Santri”, “Dunia dalam Berita”, “Perdamaian”, dan “Bila Bom Nuklir Diledakkan”.

Dari video aksi panggung Nasida Ria, tampak para penonton asal Indonesia yang ikut bernyanyi. Sementara itu, warga Jerman dan turis terlihat asyik berjoget.

Selama Nasida Ria tampil, ada dua buah monitor yang terpasang di panggung menampilkan lirik lagu yang dibawakan oleh grup kasidah ini dalam bahasa Inggris.

Menurut keterangan dari akun Instagram @/nasidariasemarang, ini bukan kali pertama mereka unjuk gigi di kancah internasional, melainkan untuk yang ketiga kalinya.

Meski demikian, warganet tetap menyampaikan rasa bangganya atas penampilan grup kasidah yang digawangi ibu-ibu itu di panggung mancanegara.

Acara Documenta Fifteen merupakan pameran seni kontemporer yang diadakan lima tahun sekali sejak 1995. Di tiap agendanya, kegiatan ini menampilkan kebudayaan dari para seniman dunia.

Sofie