blank
Seorang siswa saat mendaftar PPDB secara online. Foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Ketua Komisi D DPRD Kudus H Ali Ikhsan berharap pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru di Kabupaten Kudus bisa berjalan dengan lancar.

Ali meminta agar OPD terkait dalam hal ini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus benar-benar memberikan upaya maksimal agar PPDB bisa berjalan tanpa ada kendala.

“Kami sudah meminta agar Disdikpora memastikan agar pelaksanaan PPDB di Kabupaten Kudus berlangsung dengan baik dan lancar,”kata Ali Ikhsan, Senin (20/6).

Sebagaimana diketahui, PPDB utamanya untuk tingkat SMP yang merupakan kewenangan Kabupaten, tahun ini menggunakan sistem online.

Menurut Ali, pihaknya optimistis OPD terkait telah memiliki sarpras yang mumpuni guna melayani proses PPDB secara online tersebut.

“Beberapa tahun terakhir ini PPDB di Kudus sudah menggunakan sistem online. Jadi saya kira baik sekolah maupun Disdikpora telah menyiapkan sarpras yang baik seperti penyediaan server agar tidak terjadi masalah saat pelaksanaan PPDB,”ujarnya.

blank
Ketua Komisi D DPRD Kudus H Ali Ikhsan. Foto:Ali Bustomi

Ali menambahkan, selain menerapkan sistem zonasi, PPDB online juga menyediakan jalur Afirmasi dan Prestasi. Hal ini, kata Ali memberikan jaminan bagi semua masyarakat untuk bisa mengakses sekolah yang diinginkan.

“Jadi selain zonasi, ada juga kuota untuk Afirmasi dan Prestasi. Artinya masyarakat tetap bisa mendapatkan sekolah yang diinginkan meski secara zonasi tidak berada di lingkungannya,”tukasnya.

Sementara, untuk sistem zonasi, menurut Ali akan mendorong pemerataan kualitas sekolah di semua wilayah yang ada di Kabupaten Kudus.

Sekolah pinggiran pun tak harus khawatir kekurangan murid karena adanya zonasi tersebut, sehingga mereka tetap bisa mengejar peningkatan kualitas pendidikan yang diberikan.

“Sistem zonasi ini bertujuan mendorong adanya pemerataan pendidikan. Tak ada lagi sekolah favorit dan semua sekolah dituntut memberikan kualitas pendidikan terbaik,”paparnya.

Ali Bustomi-ad