blank
Kakanwil Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin bersama Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono bahas rencana relokasi Lapas Kelas IIA Ambarawa. Foto: Dok/Humas Kemenkumham

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kanwil Kemenkumham Jateng telah membangun sinergi, koordinasi dan komunikasi yang intensif dengan Kodam IV/Diponegoro.

Kerja sama tersebut terjalin di beberapa kegiatan yang melibatkan kedua belah pihak, seperti seleksi penerimaan CPNS dan program vaksinasi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin hari ini melakukan audiensi dengan Pimpinan Tertinggi Kodam IV Diponegoro, Senin (20/6/2022).

Selain Yuspahruddin, hadir Kepala Divisi Administrasi Jusman, Kepala Divisi Pemasyarakatan Supriyanto, Kepala Divisi Keimigrasian Wishnu Daru Fajar, Kepala Lapas Kelas IIA Ambarawa Agus Heryanto serta Kepala Bagian Program dan Hubungan Masyarakat Budhiarso Widhyarsono.

Yuspahruddin menyampaikan, kedatangannya ini dalam rangka menjaga tali silaturahmi yang telah terjalin baik dengan pihak Kodam IV/Diponegoro.

Selain itu, kedatangannya juga ingin menyampaikan terkait rencana relokasi Lapas Kelas IIA Ambarawa di lahan pemberian Kodam IV Diponegoro.

Yuspahruddin menyampaikan bahwa Kantor Wilayah Jawa Tengah telah bersurat ke Menteri Hukum dan HAM terkait rencana relokasi Lapas Kelas IIA Ambarawa ke lahan milik TNI AD yang berada di Kecamatan Banyubiru.

Sementara itu Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono menyampaikan terimakasihnya atas silaturahmi yang dilakukan Kanwil Jateng, juga terhadap rencana relokasi Lapas Kelas IIA Ambarawa.

Pangdam menyatakan mendukung penuh atas rencana relokasi tersebut, mengingat bahwa lokasi Lapas Ambarawa yang saat ini berada di Benteng Willem I Ambarawa sudah tidak layak.

Selain kondisi bangunan yang sudah tua, daerah benteng tersebut juga rawan banjir di saat musim penghujan.

Untuk mempercepat proses pengalihan lahan, Pangdam IV Diponegoro menyarankan untuk menindak lanjuti secara pararel, yaitu selain ditingkat Kementerian, Pangdam juga akan membantu meneruskan rencana relokasi kepada Panglima TNI dan Mabes TNI AD.

Ning Suparningsih