blank
DILANTIK - Wali Kota Tegal Dedy Yon melantik Pengurus Baznas Kota Tegal Periode 2022-2027. (foto: Sutrisno)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Wali Kota Tegal Dedy Yon melantik Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tegal Periode 2022-2027. Pelantikan dilaksanakan di Ruang Adipura oleh Wali Kota Tegal, H Dedy Yon Supriono Jumat (17/6/2022).

Wali Kota Tegal Dedy Yon minta Baznas sebagai ujung tombak inspirator bagi seluruh masyarakat. Utamanya dalam menumbuhkan kepedulian dan membantu sesama.

Susunan kepengurusan yakni Ketua Harun Abdi Manaf, Wakil Ketua I Gito Mursriyono, Wakil Ketua II Akrom Khafid, Wakil Ketua III Herlien Tedjo Oetami dan Wakil Ketua IV Ade Dian Is Kurniasih.

Hadir Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Sekretaris Daerah Kota Tegal, Johardi. “Melalui baznas, masyarakat dapat menyalurkan zakat, infaq dan sodaqoh untuk membantu saudara yang lain yang membutuhkan, termasuk kemiskinan,” kata Dedy Yon.

Wali Kota berharap para pengurus baru mampu mengemban amanah untuk berbakti dengan tulus untuk memajukan Kota Tegal.

Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah, KH Ahmad Darodji menyampaikan, bahwa Baznas merupakan Lembaga Pemerintah Non Struktural. Ia menyampaikan bahwa dalam pelaksanaanya Baznas Kota Tegal harus berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Tegal.

Ia berpesan bahwa Baznas harus bisa membantu Pemerintah pada kegiatan-kegiatan pemberian bantuan yang tidak dicover Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) II, sebab menurutnya Baznas bisa lebih fleksibel untuk memberikan bantuan yang bersifat darurat.

Ketua Baznas Provinsi Jawa Tengah itu mencontohkan bantuan yang diberikan untuk orang sakit, dan RTLH dalam keadaan darurat, yang tidak bisa tercover APBD II, bisa dibantu oleh Baznas.

Di sisi lain, Ahmad Darodji juga berharap kepada Pemerintah Kota Tegal melalui Wali Kota untuk mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menyalurkan zakatnya melalui Baznas Kota Tegal.

Sutrisno