blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) memberikan Penyuluhan tentang penanganan pasacapanen buah tomat, pembuatan selai tomat dan pembuatan dodol tomat kepada siswa SMK Negeri 1 Bawen,Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang pada hari Senin (13/6).

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) memberikan Penyuluhan tentang penanganan pasacapanen buah tomat, pembuatan selai tomat dan pembuatan dodol tomat kepada siswa SMK Negeri 1 Bawen,Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang pada hari Senin (13/6).

Sosialisasi diberikan langsung oleh dosen dari Fakultas Teknologi Pertanian yakni Ir Dewi Larasati MSi dan Aldila Sagitaning Putri S Si MSc dan Ir Elly Yuniarti Sani MSi serta melibatkan dua mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian yaitu Naila dan Amal.

Kegiatan diikuti 56 siswa-siswi SMK Negeri 1 Bawen dan didampingi guru SMK Negeri 1 Bawen yaitu Rinada dan Awan.
Dalam penyuluhan tersebut, Dewi Larasati memberikan materi Penanganan pascapanen tomat, serta Elly Yuniarti Sani menyampaikan materi pembuatan selai tomat dan Aldila Sagitaning Putri menyampaikan materi pembuatan dodol.

Dewi Larasati mengatakan, tujuan sosialisasi ini membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan agar kompenten dalam pelaksanakan cara produksi yang baik.

“Penanganan pascapanen yang baik dan melakukan proses pembuatan berbagai produk olahan, maka perlu adanya penambahan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam hal penanganan pascapanen dan pengolahan tomat. Dan pengolahan tomat yang bosa meningkatkan nilai tambah bisa dibuat berbagai macam olahan antara lain dibuat selai tomat dan dodol tomat,” ungkap Dewi.

Teknik penanganan pascapanen tomat yang benar, katanya, dapat mengurangi susut panen dan pasca penen, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan jika memungkinkan mereka dapat mengekspor buah tomat terutama untuk tomat konsumsi segar.

”Kegiatan yang dilakukan untuk membantu menambah wawasan pengetahuan para siswa dan siswi Siswa SMK Negeri 1 Bawen,sehingga dapat menjadi bekal bagi mereka untuk bekerja dan disebar luaskan ke lingkungan masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Menurutnya, target dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah bertambahnya pengetahuan siswa dan siswi SMK Negeri Bawen tentang penanganan pascapanen tomat dan bertambahnya kemampuan para siswa dam siswi SMK Negeri Bawen dalam mengolah pisang menjadi selai tomat dan dodol tomat.

Muhaimin