blank
Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Magister Manajemen Universitas Semarang (MM USM) memberikan pelatihan dan penyuluhan Kelompok Wanita Tani (KWT) ''Karya Bersemi'' di Desa Rejosari Demak, baru-baru ini. (Foto:humas USM)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Magister Manajemen Universitas Semarang (MM USM) memberikan pelatihan dan penyuluhan Kelompok Wanita Tani (KWT) ”Karya Bersemi” di Desa Rejosari Demak, baru-baru ini.

Pelatihan yang dilakukan tentang diversifikasi olahan hasil pertanian, pemasaran dan keuangan. Tim PkM ini diketuai Dr Rohmini Indah Lestari ST MM, anggota Dr Indarto SE MSi, Dr Yuli Budiati SE MSi, dan Ir Dewi Larasati MSi.

”Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan cara menggunakan oven, peningkatakan kemampuan dan innovasi produk olahan hasil pangan, meningkatkan pengetahuan pemasaran secara digital dengan menggunakan gawai, serta mengelola keuangan hasil usaha,” kata Rohmini.

Rohmini mengatakan, materi yang diberikan oleh Tim PkM yaitu pelatihan menggunakan oven, mengolah hasil pertanian menjadi makanan siap santap, seperti membuat kue kering dari tepung pisang.

Materi pemasaran dan pengelolaan juga perlu disampaikan pada kegiatan ini, sehingga KWT mampu memasarkan produknya secara luas dan mampu memisahkan keuangan untuk usaha dengan rumah tangga, melalui pencatatan pembukuan sederhana dengan buku kas.

”Saya berharap dari pelatihan ini KWT Karya Bersemi dapat membuat olahan bahan pangan dari hasil pertanian dengan oven dari pemerintah, dapat memasarkan secara luas, yang akhirnya akan memberikan tambahan penghasilan rumah tangga bagi para peserta,” ungkapnya.

Muhaimin