blank
Ketua Bawaslu Kabupaten Wonogiri, Ali Mahbub (kanan) membelakangi lensa), Selasa (14/6), tampil memimpin apel kesiapsiagaan pengawasn Pemilu.(Dok.Bawaslu Wonogiri)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabuopaten Wonogiri pimpinan Ali Mahbub, Selasa (14/6), menggelar apel kesiapsiagaan pengawasan Pemilu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Wonogiri, Ali Mahbub, mengatakan, Hari Selasa Tanggal 14 Juni 2022 merupakan pelaksanaan dimulainya tahapan Pemilu serentak 2024 di Indonesia. ”Kami bersama Bawaslu di seluruh Tanah Air, hari ini menggelar apel dimulainya kesiapsigaan pengawasan Pemilu,” jelas Ali yang menjabat sebagai Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Wonogiri.

Apel diikuti oleh semua komisioner Bawaslu Kabupaten Wonogiri. Terdiri atas Ketua Bawaslu Ali Mahbub bersama empat personel anggota. Yakni Isnawati Sholihah dari Divisi Organisasi dan SDM, Muhammad Ridwan Halim (Divisi Pengawasan, Humas dan Hubdal),  A Joko Wuryanto (Divisi Penyelesaian Sengketa) dan Ihwanudin (Divisi Hukum dn Datin).

Ikut serta apel, jajaran personel dari Sekretariat Bawaslu Wonogiri pimpinan Koordinator Sekretariat Yulius Wahyu Widianto. Apel dilaksanakan di halaman Kantor Bawaslu Kabupaten Wonogiri yang berlokasi di Lingkungan Donoharjo, Kelurahan Wuryorejo, Kecamatan dan Kabupaten Wonogiri.

Secara nasional, tahapan Pemilu serentak 2024 di Indonesia mulai dilaksanakan Selasa (14/6) hari ini. Berkaitan itu, kesiapsiagaan pengawasan Pemilu dilakukan berdasarkan PKPU Nomor: 3 Tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2024.

Kata Ali Mahbub, sesuai Undang-Undang (UU) Nomor: 7 Tahun 2017, tahapan Pemilu serentak Tahun 2024 dimulai sejak 20 bulan sebelum hari H pemungutan dan penghitungan suara.

Sejak Sekarang

Dalam amanatnya pada saat memimpin apel, Ketua Bawaslu Kabupaten Wonogiri, Ali Mahbub, minta kepada semua komisioner beserta jajaran sekretariat, untuk siap melaksanakan fungsi pengawasan sejak dari sekarang. Yakni sejak tahapan pelaksanaan Pemilu yang dimulai Selasa (14/6) hari ini.

”Kami Bawaslu Kabupaten Wonogiri, siap untuk melakukan tugas pengawasan di semua tahapan pelaksanaan Pemilu,” tegas Ali Mahbub.

Target sukses pengawasan Pemilu, yakni dapat melakukan proses pengawasan pelaksanaan pada seluruh tahapan, demi mendukung agar Pemilu serentak Tahun 2024 dapat berjalan sesuai peraturan.

Ali Mahbub, mengatakan, Bawaslu Kabupaten Wonogiri sudah membentuk 46 desa mitra Bawaslu. Juga menjalin kemitraan dengan tiga kampus, dalam membentuk komunitas Dewasri (Defabe Pengawas Partisipatif Wonogiri).

Juga membentuk SAKA Adiyasta Pemilu, yakni Gugus Pramuka Pengawas Pemilu. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya melaksanakan pencegahan sejak dini. Tujuannya, untuk menekan terjadinya pelanggaran Pemilu.

Bersama itu, Bawaslu Kabupaten Wonogiri juga mengajak masyarakat untuk terlibat secara proaktif memberikan pengawasan di semua pelaksanaan tahapan Pemilu serentak 2024. Ini dalam upaya mewujudkan Pemilu yang jujur dan adil serta terjauhkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bambang Pur