SEMARANG – Rektor Unissula Prof Dr Gunarto SH MHum mengatakan, melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik, mahasiswa akan mampu merealisasikan ilmu yang diperoleh di kampus dengan menerapkannya dalam praktek di lapangan.

KKN bagian dari tri dharma perguruan tinggi (PT). Sedangkan KKN tematik merupakan satu dari delapan program yang ada dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kampus berharap mahasiswa Unissula peserta KKN tematik tahun 2022 supaya bisa melihat kebutuhan pembangunan masyarakat dimanapun lokasi KKN kalian itu berada. Yang tak kalah penting, juga harus mampu membangun kerjasama secara kelompok, dan menghormati pimpinan, sesepuh dan warga tempat KKN,” jelas Prof Gun, sapaan rektor, saat membuka dan memberi materi pembekalan KKN tematik periode 14, semester genap tahun akademik 2021/2022, Sabtu (11/6/2022).

Adapun tema dalam pembekalan kali ini adalah Pengembangan potensi wilayah dalam rangka pembangunan berkelanjutan sebagai implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Pembekalan berlangsung dua hari Sabtu dan Minggu (11&12/6/2022).

Rektor mengatakan, mahasiswa yang terjun sebagai kader bangsa bisa mengabdi kepada bangsa dan umat manusia dalam menjalan KKN tematik tersebut.

KKN juga lebih pada penguatan skill kemampuan ketrampilan, sehingga tidak perlu pelatihan saat akan bekerja. KKN bertujuan meningkatkan kemampuan ketrampilan lulusan, sehingga bisa terjun dan diterima oleh masyarakat saat lulus nanti. Selain itu, lewat kegiatan penguatan skill tersebut juga bertujuan agar lulusan kita tidak kalah bersaing dengan lulusan negara lain, termasuk Eropa dan Amerika,” jelasnya.

Rektor mengatakan, dimanapun lokasi KKN tematik, mahasiswa harus memapu turut andil membangun dan menyelesaikan masalah yang ada di wilayah tersebut. Termasuk membuat kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Lebih lanjut menurutnya, selama pandemi Covid-19, diakui jika KKN lebih banyak dilaksanakan secara daring. Namun, kini memasuki era pandemi ke endemi, KKN tematik dilakukan secara luring dengan mendatangi lokasi. Ada sedikitnya 25 kabupaten/kota di Jateng sebagai tempat lokasi pelaksanaan KKN tematik yang akan berlangsung mulai 1 Juli 2022 nanti.

Sementara itu, Ketua KKN Unissula Abdurrohim SPsi MSi mengatakan, penyuluhan ini dilaksanakan untuk membekali para mahasiswa sebelum terjun ke lapangan. Tujuan pembekalan juga memberikan arahan bagaimana mahasiswa sehat, sejahtera dan selalu taat dan patuh pada orangtua. Tercatat sedikitnya 1.700 mahasiswa dari 11 fakultas akan mengikuti KKN periode kali ini.

Hadir sebagai pembicara selain rektor, diantaranya adalah Wakil Rektor I Andre Sugiyono ST MM PHd, Wakil Rektor III M Qomaruddin ST MSc PhD, dosen FBIK Fikri Shofin Mubarok MIKom, Abrdurrohim SPsi MSi dan sejumlah nara sumber lain.