Grup band legendaris Queen. Foto: Getty Images.
Grup band legendaris Queen. Foto: Getty Images.

SUARABARU.id – Vokalis band legendaris Queen, Freddie Mercury memang telah tiada sejak 24 November 1991 silam. Namun, rekaman suaranya yang belum sempat dirilis hingga kini masih “menghantui” personel Queen yang tersisa.

Brian May (gitaris) dan Roger Taylor (drum, vokal) berencana mengeluarkan lagu yang berisi vokal mendiang Mercury pada September mendatang. Demikian diungkap May dan Taylor saat wawancara dengan BBC Radio 2 sebelum tampil di panggung konser Platinum Jubilee Ratu Elizabeth II pada 4 Juni lalu.

Taylor mengatakan, lagu berjudul “Face It Alone” itu awalnya merupakan bagian dari album ke-13 Queen, “The Miracle”, yang rilis pada 1989. Rekaman itu dibuat dua tahun sebelum Mercury meninggal dunia. Kala itu Mercury mengatakan Queen telah merekam 30 lagu saat mengerjakan “The Miracle”.

“Kami memang menemukan semacam permata kecil dari Freddie, yang agak kami lupakan dan ini luar biasa. Sebenarnya, itu adalah penemuan nyata,” kata Taylor.

Sebelum ini pihak Queen tengah menimbang berulang-kali dan sempat berpikir tak bisa menyelamatkan lagu tersebut.

“Tetapi kenyataannya, kami masuk menengoknya lagi, dan tim teknik kami yang hebat berkata, ‘Oke, kita bisa melakukan ini dan ini’. Ini seperti menjahit potongan demi potongan secara bersama-sama. Tetapi ini indah, itu bagian yang menyentuh,” kata May.

Sejak kematian Mercury, Queen telah merilis beberapa lagu yang belum pernah dirilis sebelumnya yang menampilkan suara vokalis mereka, termasuk album “Queen Forever” pada 2014.

Teknik semacam ini sudah biasa dilakukan oleh musisi, terutama oleh para legenda yang karyanya tetap diminati meski sang pemilik suara telah tiada. Misalnya oleh The Beatles dan Michael Jackson.

Sofie