blank
PEMERIKSAAN - AZ tiba di Mapolres Brebes untuk menjalani pemeriksaan. (foto: istimewa)

BREBES (SUARABARU.ID) – Anggota Satreskrim Polres Brebes mengamankan Emir Wilayah Khilafatul Muslimin Cirebon Raya berinisial AZ (30) Rabu (8/6/2022). AZ dijemput di rumahnya di Desa Slarang Lor, Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal pada Rabu pukul 15.30 WIB. Setiba di Mapolres Brebes, dia langsung menjalani pemeriksaan.

Kapolres Brebes, AKBP Faisal Febrianto mengatakan, AZ dijemput setelah polisi melakukan pengembangan dan pemeriksaan terhadap tiga orang tersangka sebelumnya yakni GZ, DS dan AS dalam kasus konvoi dakwah kemarin. “Saat ini dia diperiksa sebagai saksi. Dia diamankan setelah polisi melakukan pengembangan terhadap tiga tersangka sebelumnya,” tandas Kapolres usai memantau proses pemeriksaan AZ.

Namun, lanjutnya, jika AZ dalam hasil pemeriksaan terbukti ikut mengkoordinir atau ikut melakukan perencanaan konvoi dakwah pada 29 Mei lalu, tidak menutup kemungkinan akan ditetapkan sebagai tersangka. “Apabila memang ikut mengkoordinir atau ikut melakukan perencanaan giat konvoi pada hari Minggu kemarin, tidak menutup kemungkinan akan kita lakukan proses penyidikan,” tegas Faisal.

Kepada wartawan, AKBP Faisal Febrianto menambahkan, AZ merupakan Amir Wilayah Khialfatul Muslimin Cirebon Raya. Amir Wilayah ini membawahi sekitar 10 wilayah Umul Quro, diantaranya Umul Quro Tasikmalaya, Majalengka, Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang, Kebumen, Banjarnegara, Purwokerto, dan Purbalingga. “AZ ini merupakan Amir Wilayah Cirebon Raya. Dia membawahi sekitar 10 umul quro atau kabupaten,” ungkapnya.

Disebutkan, dalam struktur Khilafatul Muslimin, pimpinan tertinggi dijabat oleh seorang khalifah. Kemudian di bawahnya ada daulah. Selanjutnya ada umul quro yang berada,di bawah daulah.

Sutrisno