blank
Bupati Blora bersama Forkopimda membuka Job Fair di GOR Mustika. Foto: Prokompim Blora

BLORA (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora, menyelenggarakan bursa kerja (Job Fair) selama dua hari, pada 7 hingga 8 Juni 2022 di GOR Mustika, Blora, Jawa Tengah menghadirkan puluhan perusahaan dari berbagai daerah untuk memfasilitasi
pencari kerja dari wilayah Kabupaten Blora.

Pembukaan Job Fair secara resmi dilakukan oleh Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP,M.Si didampingi Forkopimda dan Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Blora, Selasa (7/6/2022).

Usai dibuka Bupati, nampak masyarakat Blora sangat antusias menghadiri gelaran job fair. Bahkan lokasi registrasi dan stand dari berbagai perusahaan nampak ramai dikunjungi calon tenaga kerja.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Kabupaten Blora, Endro Budi Darmawan menjelaskan bahwa Pemkab berusaha memfasilitasi pencari kerja dari Kabupaten Blora untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan.

Juga membantu pengguna tenaga kerja dalam hal ini perushaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, imbuh Endro Budi Darmawan.

“Penyelenggaraan bursa kerja dimaksudkan untuk memfasilitasi dan mempertemukan antara pencari kerja dengan pengguna kerja/perusahaan secara langsung sehingga mempermudah proses penempatan,” Jelas Endro panggilan Endro Budi Darmawan.

Ribuan Pengangguran Terserap

Hingga pagi ini (7/6), tercatat sudah lebih dari 3.250 calon tenaga kerja yang sudah mendaftarkan diri secara online.

Endro menambahkan bahwa job fair tersebut menghadirkan sebanyak 30 perusahaan dari berbagai bidang keahlian.

“Dari 30 perusahaan ini terdapat lowongan kerja bagi 17.700 tenaga kerja sehingga hal ini dharapkan dapat menekan angka pengangguran di Kabupaten Blora,” ungkap Kepala Dinperinnaker Kabupaten Blora, Endro Budi Darmawan.

Dengan demikian, lanjut Endro diharapkan turut membantu mengurangi jumlah pengangguran.

“Diharapkan mengurangi angka pengangguran melalui peningkatan penempatan tenaga kerja, sasaran pencari kerja dapat memperoleh informasi lowongan pekerjaan yang akurat, sehingga bisa memilih jenis pekerjaan sesuai bakat, minat dan kemampuan dan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan,” tandas Kepala Dinperinnaker Blora.

Sementara itu, Bupati Blora H. Arief Rohman mengapresiasi adanya kegiatan ini untuk menyerap tenaga kerja dari Kabupaten Blora. Sekaligus menghubungkan antara perusahan dengan pencari kerja.

“Saya mengapresiasi kegiatan job fair ini dalam rangka untuk menghubungkan antara perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan yang akan mencari kerja,” ungkap Bupati H. Arief.

“Diadakannya acara ini semoga bisa menyerap tenaga kerja yang ada di Kabupaten Blora ini,” imbuh Bupati Blora.

Hadirkan Investor di Blora

Kedepan, Bupati juga akan terus mendorong agar investasi bisa hadir di Kabupaten Blora, sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Blora.

“Kita berupaya bagaimana investasi bisa hadir di Blora ini, saya berharap kepada dinas-dinas terkait untuk menciptakan kondusivitas industri, ketika ada investor yang masuk berikan pelayanan yang terbaik,” ucap Bupati H. Arief usai membuka job fair kepada awak media.

“Kalau ada investasi nanti, tentu ada penyerapan tenaga kerja juga,” kata H. Arief.

Selain itu, Bupati Blora juga menggaris bawahi bahwa peningkatan kualitas SDM di Kabupaten Blora agar terus didorong, salah satunya melalui pelatihan – pelatihan.

“Perlunya pelatihan juga untuk adik – adik kita yang setelah lulus sekolah atau kuliah ini dibekali dengan pelatihan – pelatihan sehingga nanti ketika ada lowongan pekerjaan, nanti kalau ada sertfikat, tersertifikasi tentu lebih siap untuk masuk ke dunia kerja,” ujar H. Arief Rohman.

Apresiasi Perusahaan Mitra

Bupati Blora juga menyampaikan apresiasi kepada perusahaan yang telah menjadi mitra untuk membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat Kabupaten Blora.

Pada kesempatan itu, Salah satu calon tenaga kerja, Wanda (21th), dirinya yang merupakan salah satu alumni SMK di Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora ini sengaja mengikuti job fair ini untuk mencari informasi lowongan pekerjaan yang sesuai minat dan bakat yang dimiliki.

“Rencananya mau mendaftar disini, lewat acara job fair ini, ada perusahaan yang membuka lowongan sesuai dengan minat saya,” Jelas Wanda.

“Alhamdulillah ada kegiatan job fair ini bisa membantu saya untuk mendapatkan pekerjaan, harapannya semoga nanti saya bisa dapat hasil yang terbaik disini, aamiin,” harap Wanda sambil tengadahkan kedua tangannya.

Untuk diketahui, Bupati juga secara simbolis menyerahkan sertifikat pelatihan kepada perwakilan peserta, kemudian dilanjutkan dengan meresmikan kegiatan job fair dengan memukul gong dan pemotongan pita. Bupati H. Arief Rohman bahkan nampak meninjau stand – stand perusahaan yang ada di Job Fair GOR Mustika Blora.

Hadir pada kesempatan Job Fair tersebut, Forkopimda, Kepala OPD, Camat, tamu undangan, dan para pencari kerja serta Perwakilan 30 perusahaan.

(Kudnadi Saputro)